Teleskop James Webb Rilis Foto Alam Semesta, Gedung Putih: Kita Hanya Setitik Pasir di Pantai

Selasa, 12 Juli 2022 - 20:14 WIB
Gambar sains pertama yang berkualitas dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA dirilis pada pada 11 Juli 2022, menampilkan gambaran alam semesta terdalam. Foto/NASA, ESA, CSA, dan STScI
WASHINGTON - Teleskop Luar Angkasa James Webb yang menghabiskan dana senilai USD10 miliar akhirnya merilis foto pertama alam semesta pada Senin 11 Juli 2022 secara resmi di Gedung Putih. NASA pun menjanjikan Teleskop James Webb masih menyajikan beberapa benda langit yang menakjubkan untuk mengungkap rahasia alam semesta.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Administrator NASA Bill Nelson meluncurkan gambar sains dengan kualitas terbaik yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb pertama kali di Gedung Putih. Gambar tersebut adalah tampilan inframerah terdalam dari alam semesta dan dibuat hanya selama 12,5 jam waktu pengamatan dengan salah satu dari empat instrumen teleskop.

Presiden Joe Biden memuji kualitas citra alam semesta yang ditampilkan itu sebagai representasi kekuatan bangsa dan kekuatan sains AS. “Teleskop ini mewujudkan bagaimana Amerika memimpin dunia, bukan dengan contoh kekuatan kita, tetapi kekuatan contoh kita,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Selasa (12/7/2022).

Gambar yang ditampilkan menunjukkan objek SMACS 0723, menandai galaksi yang begitu masif. Rilis hari ini menandai klimaks dari hampir tujuh bulan operasi ruang angkasa yang diatur dengan hati-hati sejak JWST diluncurkan pada 25 Desember 2021.

Kombinasi kemampuan pengamatan bertenaga tinggi JWST dan efek lensa gravitasi menunjukkan gambar ini sebagai pandangan inframerah terdalam dari alam semesta yang pernah dilihat manusia. “Jika Anda memegang sebutir pasir di ujung jari Anda sejauh lengan, itu hanya satu titik kecil dari alam semesta,” kata Nelson di Gedung Putih.

Teleskop James Webb menghabiskan bulan pertama setelah lepas landas dengan trekking ke stasiunnya di orbit sekitar titik Lagrange Bumi-matahari 2. Posisi itu jaraknya hampir 1,5 juta kilometer dari Bumi di sisi yang berlawanan dengan matahari.