Fenomena Super Full Moon Terjadi Mulai Hari Ini

Kamis, 14 Juli 2022 - 06:02 WIB
loading...
Fenomena Super Full Moon Terjadi Mulai Hari Ini
Super Full Moon akan terjadi hari ini. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Fenomena Super Full Moon diperkirakan terjadi hari ini Rabu (13/7/2022), selain pemandangan langit yang indah Anda dapat menyaksikan posisi bulan dekat dengan bumi.

Menurut Badan Antariksa Malaysia (MYSA) melalui unggahan di situs media sosialnya, peristiwa yang dikenal sebagai Supermoon itu melihat ukurannya tujuh persen lebih besar dari bulan purnama biasa.

BACA JUGA - Planet Bumi Sekarat Lebih Cepat dari yang Kita Duga

Selama fenomena alam ini, bulan akan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari keadaan 'Micromoon' saat terjauh dari bumi," jelasnya.

"Saat paling dekat dengan Bumi, Bulan juga akan dikenal sebagai 'Super Full Moon atau Super New Moon'," katanya.

Lebih menarik lagi, kejadian kali ini juga disebut sebagai Supermoon ‘Buck’ karena citranya yang seperti tanduk rusa dengan mengacu pada gelar yang diberikan kepada petani pribumi di Amerika Utara.

Sementara itu, MYSA menjelaskan, bulan berputar mengelilingi bumi dalam orbit elips dengan nilai eksentrisitas rata-rata 0,0549 (ukuran pemanjangan elips).

Dengan demikian, jarak rata-rata bulan dari bumi (pusat ke pusat) bervariasi setiap saat dengan jarak rata-rata terdekat (disebut perigee) adalah 363.396 kilometer (km) dan jarak rata-rata terjauh (disebut sebagai apogee) adalah 405.504 km.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1572 seconds (11.210#12.26)