Temperatur di Inggris Dekati 40 Derajat Celcius, Bikin Landasan Pacu Bandara Meleleh

Selasa, 19 Juli 2022 - 21:41 WIB
loading...
Temperatur di Inggris Dekati 40 Derajat Celcius, Bikin Landasan Pacu Bandara Meleleh
Sejumlah kru bekerja untuk memperbaiki landasan pacu di Bandara Luton London, Inggris, yang meleleh akibat cuaca panas. Foto/The Telegraf/The Drive
A A A
LONDON - Temperatur di Inggris melonjak ke level tertinggi sepanjang tahun pada hari Senin 18 Juli 2022. Bahkan Bandara London Luton ditutup selama beberapa jam karena panas yang ekstrem menyebabkan landasan pacu meleleh.

Akun Twitter resmi bandara mengumumkan penutupan pada Senin 18 Juli 2022 sore saat kru bekerja untuk memperbaiki masalah tersebut. Otoritas bandara menemukan "cacat permukaan" di landasan pacu, akibat suhu tinggi yang telah menyebabkan permukaan landasan pacu terangkat.

Menurut laporan BBC, masalah ini memaksa pembatalan beberapa penerbangan dan pengalihan beberapa kedatangan. Pihak berwenang mengimbau agar sangat berhati-hati dalam kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya.



Sesuai catatan di FlightRadar24, penerbangan Ryanair FR338 ke Dublin adalah yang terakhir berangkat pada pukul 14:37 waktu setempat. Yang terakhir mendarat adalah penerbangan GlobeAir C510 pada pukul 15:10 waktu setempat, terbang dari Nice.

Penerbangan masuk lainnya dialihkan ke bandara Gatwick, Stansted, Southend, Birmingham, dan Biggin Hill. Para insinyur berada di lokasi dengan cepat untuk melakukan perbaikan darurat. Mereka memberikan pembaruan sepanjang hari, dengan landasan pacu dibuka kembali untuk penerbangan yang berangkat pada pukul 17:40 waktu setempat.

Penerbangan yang tiba diizinkan mengakses pada pukul 18:05 waktu setempat, dan bandara sekali lagi dinyatakan beroperasi penuh. Luton bukan satu-satunya bandara yang terkena dampak.



RAF Brize Norton juga menghentikan operasinya karena panas yang juga melelehkan landasan pacu. Pangkalan udara tersebut adalah yang terbesar bagi RAF di negara itu. RAF mengindikasikan tidak ada gangguan pada operasi, dengan kegiatan dialihkan ke pangkalan udara lain, sesuai rencana yang telah lama ditetapkan.

Mereka mungkin sudah berlatih, mengingat landasan pacu Brize Norton juga meleleh pada Juli tahun lalu. Pada Senin 18 Juli 2022, merupakan hari terpanas tahun 2022 di Inggris, dengan suhu melebihi 100,4 derajat Fahrenheit atau 38 derajat Celcius di beberapa bagian negara itu.
Temperatur di Inggris Dekati 40 Derajat Celcius, Bikin Landasan Pacu Bandara Meleleh


Kantor Meteorologi Inggris telah memperingatkan bahwa suhu bisa mencapai 109,4 derajat Fahrenheit atau 43 derajat Celcius pada hari Selasa 19 Juli 2022. Kondisi tersebut telah memicu peringatan panas paling ekstrem dari pihak berwenang.

Ketakutannya adalah, di negara yang tidak siap menghadapi suhu tinggi seperti itu, mungkin ada risiko signifikan terhadap kesehatan dan infrastruktur. Dengan kurang dari 1 persen rumah di Inggris yang dilengkapi dengan AC, penduduk telah mengejar metode alternatif untuk menjaga rumah mereka tetap sejuk dan aman.

Sayangnya, suhu global tampaknya akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Biaya untuk menghadapi konsekuensi dari panas seperti itu dapat merampas sumber daya yang dibutuhkan untuk memerangi perubahan iklim.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)