Musim Panas 2022 Melanda Eropa Lebih Cepat, Suhu di Inggris Pecahkan Rekor Tertinggi

Selasa, 19 Juli 2022 - 18:43 WIB
loading...
Musim Panas 2022 Melanda Eropa Lebih Cepat, Suhu di Inggris Pecahkan Rekor Tertinggi
Langit biru jernih tanpa tabir surya membawa suhu tertinggi di seluruh benua sehingga memicu kebakaran hutan dahsyat yang telah merusak ratusan mil persegi. Foto/Copernicus/Space.com
A A A
LONDON - Eropa memanas lebih cepat daripada bagian dunia lainnya pada musim panas 2022. Bahkan satelit menangkap Eropa yang memanas dalam gelombang panas yang memecahkan rekor.

Satelit jarang mendapatkan tampilan bebas awan yang sempurna dari seluruh Eropa, tetapi pada Senin 18 Juli 2022, satelit cuaca Eropa Eumetsat menangkap hal itu. Pemandangan yang jelas berarti langit biru cerah dari gelombang panas yang melanda benua Eropa.

Langit biru jernih tanpa tabir surya membawa suhu tertinggi di seluruh benua sehingga memicu kebakaran hutan dahsyat yang telah merusak ratusan mil persegi. Gelombang panas yang datang setelah Juni dengan suhu yang tertinggi menjadi bukti tentang efek perubahan iklim yang buruk.



Perbandingan gambar yang diambil oleh satelit pengamat Bumi Eropa Sentinel-2 pada pertengahan Juni dan pada minggu kedua Juli mengungkapkan, bagaimana lanskap Inggris yang biasanya subur dan hijau berubah menjadi cokelat gersang karena kekeringan.

Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah yang tercatat, sebagian negara dengan suhu diperkirakan mencapai 104 derajat Fahrenheit atau 40 derajat Celcius. Di tempat lain di Eropa, satelit menangkap gambar kebakaran hutan yang menghancurkan.

Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan beberapa kobaran api di Spanyol, Prancis, Yunani, Kroasia, dan Portugal. Di barat Spanyol, cagar alam dekat Salamanca telah terbakar sejak 12 Juli 2022, dengan lebih dari 39 kilometer persegi kawasan satwa liar telah hancur.



Di selatan negara itu, dekat kota wisata populer Malaga, kebakaran hutan lainnya telah melahap sekitar 20 km persegi tanah. Satelit juga menangkap kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran hutan di wilayah penghasil anggur yang terkenal di sekitar kota Bordeaux di barat daya Prancis.

Dua kebakaran yang terjadi pada 12 Juli 2022 telah membakar lebih dari 100 km persegi di wilayah tersebut. Peringatan bahaya kebakaran ekstrem juga ada di Portugal, Yunani, dan Turki, disampaikan Layanan Manajemen Darurat Copernicus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)