Tetap Mesra di Antariksa, Kosmonot Rusia dan Astronot Wanita Eropa Pertama Jalani Misi Spacewalk di Luar ISS

Kamis, 21 Juli 2022 - 19:11 WIB
loading...
Tetap Mesra di Antariksa, Kosmonot Rusia dan Astronot Wanita Eropa Pertama Jalani Misi Spacewalk di Luar ISS
Astronot Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti (kiri) dijadwalkan untuk memulai perjalanan antariksa Eropa pertama pada 21 Juli 2022. Foto/ ESA/Space.com
A A A
FLORIDA - Kosmonot Rusia Oleg Artemyev dan astronot wanita Eropa pertama Samantha Cristoforetti menjalani misi spacewalk di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Perjalanan luar angkasa ini, akan menjadi yang kedua kali bagi Cristoforetti dalam beberapa bulan terakhir.

Cristoforetti juga menjadi orang pertama yang menggunakan TikTok di ISS dan telah memperoleh lebih dari setengah juta pengikut sejak posting pertamanya di pada Mei 2022. Misi spacewalk kali ini merupakan yang keenam di ISS pada tahun 2022.

Badan Antariksa Eropa (ESA) mengatakan, ada beragam rangkaian kegiatan terjadwal yang harus ditangani untuk misi spacewalk kali ini. Di antaranya menginstal platform dan perangkat keras adaptor workstation ke laboratorium ISS terbaru, Nauka. Termasuk menyebarkan 10 nanosatelit untuk mengumpulkan data elektronik radio.

“Sebagian besar waktu lainnya digunakan untuk menyiapkan Lengan Robot Eropa (ESA) untuk penggunaan operasional. Para kru, akan memindahkan panel kontrol eksternal, mengerjakan isolasi dan memasang titik adaptor sementara untuk lengan robot,” demikian keterangan ESA dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (21/7/2022).

Baca juga; China Siap Luncurkan Modul Wentian ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Lengan robot ini memiliki panjang 11,3 meter dan dirancang untuk digunakan oleh kosmonot baik saat bekerja di dalam atau di luar kompleks ISS. Salah satu fiturnya adalah kemampuan untuk "berjalan" seperti cacing inci, ujung-ke-ujung, di sepanjang lambung stasiun ruang angkasa, seperti Canadarm2 berusia 21 tahun yang dibangun oleh MDA atas nama Badan Antariksa Kanada.

“[Cristoforetti] akan meluangkan waktu untuk memastikan pelindung jendela pada unit kamera lengan cukup jelas. Ini untuk memungkinkan sinar laser memandu lengan untuk bergulat dan bergerak,” tambah keterangan ESA.
Tetap Mesra di Antariksa, Kosmonot Rusia dan Astronot Wanita Eropa Pertama Jalani Misi Spacewalk di Luar ISS

Kosmonot Rusia Oleg Artemyev dari Roscosmos melambai ke kamera selama perjalanan ruang angkasa di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 18 April 2022. Foto/NASA/Space.com

Kosmonot Artemyev dan astronot Cristoforetti selama perjalanan luar angkasa akan mengenakan pakaian antariksa Orlan buatan Rusia. Artemyev mengenakan setelan bergaris merah, sementara setelan Cristoforetti akan bergaris biru.

Baca juga; Roscosmos Kirim Ribuan Kilogram Logistik ke ISS untuk Kosmonot Rusia

Spacewalk hari ini akan menjadi yang ketiga bagi Artemyev, yang sejauh ini telah mengumpulkan 14 jam dan 19 menit kerja di luar ISS. Spacewalk Artemyev kedua pada bulan April dilakukan bersama kosmonot Rusia Denis Matveev.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1761 seconds (11.252#12.26)