5 Senjata Laser Paling Canggih di Dunia, Nomor 4 Digunakan Rusia Lawan Ukraina

Kamis, 04 Agustus 2022 - 13:43 WIB
loading...
A A A
Laser Weapons System Demonstrator (LWSD) merupakan senjata laser milik Angkatan Laut AS yang dikembangkan Office of Naval Research (ONR). Dikutip dari situs Naval Technology, LWSD diproyeksikan menjadi penerus Laser Weapon System (LaWS).

Dengan daya 150 kW, LWSD menjadi salah satu senjata laser terkuat yang dimiliki Amerika Serikat. Bahkan, jika dibandingkan dengan LaWS, kekuatannya jauh berlipat.

Pada ujicoba yang dilakukan di Kapal Perang USS Portland pada 2020, senjata ini sukses menghancurkan target yang ditentukan seperti drone dan sejenisnya.

3. HELLADS

High Energy Liquid Laser Area Defense System atau HELLADS adalah salah satu senjata laser yang dimiliki Amerika Serikat. Awalnya, penggunaannya ditujukan untuk memperkuat pertahanan udara AS.

Dikutip dari Airforce Technology, senjata laser berdaya hancur tinggi ini dikembangkan dengan kekuatan 150 kW. Nantinya, senjata ini akan diintegrasikan ke pesawat taktis Angkatan Udara AS (USAF).

USAF berencana untuk mempersenjatai kendaraan udara tak berawak (UAV) dan pesawat pembom seperti B-1B dengan laser HELLADS.

4. Zadira

Tak mau kalah dengan AS, Rusia juga memiliki senjata laser canggih bernama Zadira. Senjata ini merupakan generasi terbaru dari senjata laser yang dimiliki Kremlin.

Dikutip dari Republic World, Zadira diklaim bisa menghancurkan target drone di langit hanya dalam waktu 5 detik saja. Uniknya, Rusia juga menerjunkan Zadira dalam perang melawan Ukraina yang masih berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)