NASA Memperlihatkan Galaksi Andromeda Terbesar di Antariksa

Kamis, 04 Agustus 2022 - 22:51 WIB
NASA Memperlihatkan Galaksi Andromeda Terbesar di Antariksa
Dari foto yang dibagikan oleh NASA ini dapat diamati lebih dari 100 juta bintang yang beberapa di antaranya terkandung dalam ratusan gugus bintang. Ini sama saja memotret pantai dan bisa melihat tiap-tiap butiran pasirnya. FOTO/ IST
WASHINGTON - National Aeronautics and Space Administration ( NASA ) baru saja membagikan foto galaksi Andromeda yang dipotret oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble. Ini merupakan foto galaksi Andromeda yang terbesar sepanjang sejarah.

Bahkan karena besarnya, dari foto yang dibagikan oleh NASA ini dapat diamati lebih dari 100 juta bintang yang beberapa di antaranya terkandung dalam ratusan gugus bintang. Ini sama saja memotret pantai dan bisa melihat tiap-tiap butiran pasirnya.

Seperti dilansir dari The Explorist, Kamis (4/8/2022), foto galaksi Andromeda ini telah dirilis NASA di Seattle, Washington. Perilisan dilakukan dalam pertemuan ke-225 Masyarakat Astronomi yang digelar baru-baru ini.

Untuk diketahui, galaksi Andromeda sendiri dikenal sebagai Messier 31 atau M31. Galaksi yang satu ini berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi dan menjadi galaksi besar terdekat dari galaksi tempat kita saat ini, yakni galaksi Bima Sakti.

Galaksi Andromeda sudah menjadi target utama yang akan dipotret oleh teleskop Hubble. Alat canggih ini mengikuti bintang-bintang yang berkerumun rapat yang memanjang dari pusat terdalam galaksi, yang dapat dilihat di sebelah kiri foto.

Gambar menyapu dari tonjolan inti galaksi melalui jalur bintang dan debu ke cakram luar yang lebih tipis saat bergerak menjauh darinya. Gugusan besar bintang biru muda menunjukkan lokasi gugus bintang dan daerah pembentukan bintang.

Bentuk seperti cincin biru di sisi kanan gambar adalah tempat bintang-bintang berkumpul. Siluet gelap menelusuri struktur debu yang kompleks. Ada juga bintang merah yang seragam. Di mana suhunya sangatlah dingin yang umurnya sekitar miliaran tahun.

Gambar panorama galaksi Andromeda diperoleh dari melihat galaksi dalam panjang gelombang dekat-ultraviolet, terlihat, dan dekat-inframerah menggunakan Advanced Camera for Surveys dan Wide Field Camera 3 di atas Hubble.

Tampilan yang dipangkas ini menunjukkan bentangan galaksi sepanjang 48.000 tahun cahaya dalam warna cahaya tampak alami, seperti yang difoto dengan Advanced Camera for Surveys Hubble dalam filter merah dan biru.