4 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia

Senin, 08 Agustus 2022 - 21:57 WIB
loading...
4 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia
4 hewan yang masih hidup di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan purba melata memiliki habitat utama didaratan akan tetapi ada juga yang dikenal sebagai hewan yang dapat hidup di dua tempat atau biasa disebut amfibi yaitu di darat dan di air.

Hewan melata memiliki ukuran tubuh bervariasi dan beragam, mulai dari yang berukuran kecil hingga berat 1 ton.

BACA JUGA - Hewan Melata Misterius Seukuran Ular Purba Titanoboa Menyerang Seorang Nelayan

Seperti dilansir dari Environmentalgraffiti, reptil telah ada sejak 300 juta tahun lalu. Hingga abad ke-20 ini, terdapat bentuk reptil dalam ukuran tubuh besar yang masih tersisa. Inilah 4 hewan melata terbesar di Bumi yang terungkap.

1. Saltwater Crocodile (Crocodilians)

Saltwater Crocodile atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan buaya air asin, merupakan reptil terbesar di dunia. Tumbuh dengan panjang lebih dari 6 meter (20 kaki). Buaya ini memiliki gigi raksasa yang diklaim dapat menghancurkan tengkorak sapi di rahang reptil tersebut. Bahkan, ada mood tertentu yang bisa membawa makhluk hidup buas ini untuk menyerang manusia.

Area populasi buaya ini hidup di wilayah Australia. Selain itu, buaya air asin juga berkembangbiak mulai dari Asia Tenggara hingga Australia. Dari namanya, diketahui buaya jenis ini juga bisa hidup di laut seperti yang pernah ditemukan di laut Jepang.

Konon, eksistensi buaya ini telah ada atau lebih tua dari dinosaurus, sehingga buaya air asin mampu memberi informasi sekilas mengenai nenek moyang hewan raksasa yang pernah hidup di zaman prasejarah.

2. Leatherback Sea Turtle

Jenis Penyu raksasa ini memiliki ukuran panjang lebih dari 2 meter (7 kaki) dengan rentang sirip hampir 3 meter (8 kaki). Banyaknya jaringan lemak membuat jenis penyu ini hangat ketika menyelam di lautan hingga kedalaman 1.200 meter (4000 kaki).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2943 seconds (10.55#12.26)