Ilmuwan Inggris Ciptakan Teknologi Baru untuk Deteksi Dini Kanker

Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:20 WIB
loading...
Ilmuwan Inggris Ciptakan Teknologi Baru untuk Deteksi Dini Kanker
Ilmuwan Inggri bikin terobosan baru dengan mengenalkan perangkat deteksi dini kanker. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Ahli kanker Inggris, beberapa dokter umum sedang menguji sebuah perangkat baru untuk mendeteksi dini kanker usus. Perangkat ini diharapkan dapat mengurangi frekuensi kunjungan ke rumah sakit dan mengurangi kematian akibat kanker usus.



Perangkat kolonoskopi mini ini pertama kali digunakan Dr Prash Patel, seorang dokter yang bekerja di sebuah klinik di Sunningdale, Ascot, untuk mendeteksi kanker usus di tubuh pasie kanker Stempt tahun lalu.

Patel bisa dengan mudah mengecek gejala-gejala yang dialami Stempt, dan Stempt pun hanya menghabiskan waktu satu hari untuk diperiksa dan kemudian dirujuk ke rumah sakit.

"Dulu, daftar tunggunya panjang, mengingat banyaknya pasien dengan gejala yang sama. Sulit untuk membedakan mana yang ringan dan mana yang bermasalah. Perangkat baru ini memungkinkan saya membedakannya dengan mudah, sehingga saya bisa mengurangi jumlah orang yang perlu menjalani tes lebih lanjut,” jelas Dr Patel seperti dilansir dari Reuters

Lembaga kesehatan Inggris NHS berkomitmen untuk meningkatkan jumlah kanker usus yang terdeteksi dini secara signifikan. Pada tahun 2028, lembaga itu berharap bisa mendeteksi sekitar 75 persen kasus penyakit itu pada tahap yang mudah disembuhkan itu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)