Rahasia Pembuatan Perunggu China Kuno Terungkap, Kecanggihannya Sudah Tercatat 2300 Tahun

Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:02 WIB
loading...
Rahasia Pembuatan Perunggu China Kuno Terungkap, Kecanggihannya Sudah Tercatat 2300 Tahun
Rahasia pembuatan perunggu China kuno terungkap dalam teks berusia 2300 tahun yang disebut Kaogong Ji. Foto/Newscientist
A A A
BEIJING - Rahasia pembuatan perunggu China kuno terungkap dalam teks berusia 2300 tahun yang disebut Kaogong Ji. Praktik pembuatan logam yang dijelaskan dalam teks itu lebih canggih dari yang diperkirakan siapa pun.

Kaogong Ji, sebuah teks berusia 2300 tahun, adalah ensiklopedia teknis tertua di dunia. Buku tersebut berisi petunjuk tentang cara membuat beberapa benda, seperti gendang logam, kereta perang, dan senjata.

Teks ini juga berisi enam resep perunggu yang telah lama membingungkan para peneliti. Bahan-bahan yang hilang dari resep perunggu Tiongkok kuno mungkin telah ditemukan, mengungkapkan tingkat kecanggihan lain dalam praktik kimia pada saat itu.



Ruiliang Liu dari British Museum di London mengatakan gaya dan skala pembuatan perunggu yang diproduksi di China tidak ada bandingannya. “Kami bertanya pada diri sendiri, bagaimana orang Asia dan China bisa menghasilkan begitu banyak perunggu pada waktu itu,” kata Liu dikutip SINDOnews dari laman Newscientist, Rabu (10/8/2022).

Perunggu biasanya dibuat dengan menggabungkan tembaga dan timah. Misteri resep berpusat pada dua bahan yang disebut jin dan xi yang tidak dapat diidentifikasi oleh para peneliti. Dalam bahasa Mandarin modern, jin berarti emas, tetapi pada zaman dahulu diyakini merujuk pada tembaga atau paduan tembaga.

Sementara itu, xi telah lama dianggap merujuk pada logam timah. Tetapi analisis kimia bejana perunggu dari periode waktu itu menunjukkan bahwa jin dan xi tidak bisa hanya menjadi tembaga dan timah.



Liu dan rekan-rekannya menganalisis data yang dikumpulkan sebelumnya tentang komposisi kimia koin China berbentuk pisau yang diproduksi di era yang sama dengan saat resep dicatat. Dengan menjajaki hubungan antara logam yang ada dalam koin, para peneliti menyarankan benda-benda itu dibuat menggunakan paduan yang sudah jadi.

Mereka menemukan bahwa semakin tinggi konsentrasi timbal dalam koin, semakin rendah konsentrasi tembaga dan timah. Koin dengan konsentrasi tembaga tertinggi juga memiliki konsentrasi timah tertinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)