Rahasia Pembuatan Perunggu China Kuno Terungkap, Kecanggihannya Sudah Tercatat 2300 Tahun

Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:02 WIB
loading...
A A A
Temuan ini menunjukkan bahwa timbal sedang dicampur ke dalam paduan tembaga dan timah - paduan perunggu. Dengan memodelkan kombinasi yang berbeda, tim menentukan bahwa paduan tembaga-timah-timah 80:15:5 yang dicampur dengan paduan tembaga-timbal 50:50 dalam berbagai rasio adalah yang paling cocok dengan data koin kimia.

Baca juga; Pertama Kali Koin Perunggu Romawi Ditemukan di Israel, Bergambar Dewi Bulan dan Zodiak Cancer

Liu menambahkan resep dalam buku itu mungkin tidak mencerminkan bagaimana perunggu biasanya dibuat. “Jika ada, resepnya terlalu spesifik. Saya pikir ada kesenjangan pengetahuan antara orang yang menulis resep dan orang yang melakukan pekerjaan yang sebenarnya,” katanya.

Ilmuwan lainnya, Jianjun Mei dari University of Cambridge tidak sepenuhnya yakin dengan temuan ini. Dia mengatakan resep ini seharusnya tidak mempertimbangkan catatan akurat dari praktik yang digunakan pada saat itu.

“Pejabat ini (yang menulis teks) mungkin hanya memperhatikan bahan yang paling penting, seperti tembaga dan timah, daripada semua bahan lainnya. Sebagian besar resepnya masih berfungsi jika Anda menganggap jin dan xi menjadi tembaga dan timah,” ujarnya.

Perunggu digunakan di Tiongkok kuno untuk membuat bejana besar untuk tujuan dan kegiatan keagamaan. “Di China, mereka memiliki tenaga kerja yang besar sehingga mampu menggunakan sistem yang sangat rumit dengan lebih banyak logam daripada di Barat,” kata Jessica Rawson di Universitas Oxford.
(wib)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1124 seconds (10.177#12.26)