Berukuran 25 Kali Lebih Besar, Penampakan Kutu Kayu Laut Raksasa Ini Bikin Merinding

Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:41 WIB
oto Bathynomus yucatanensis yang baru diidentifikasi dari spesimen tunggal sepanjang 26 cm. Foto/Journal of Natural History/Live Science
MEXICO CITY - Kutu kayu laut 'vanilla Vader' yang menyeramkan berukuran 25 kali lebih besar dari kutu darat ditemukan jauh di bawah permukaan laut di Teluk Meksiko . Berukuran panjang lebih dari 26 sentimeter, makhluk itu 2.500% lebih besar dari roly polies biasa atau kutu kayu (Oniscus asellus) yang biasa mengunyah materi busuk di daratan.

Raksasa berambut pirang ini adalah tambahan terbaru untuk kelompok sekitar 20 krustasea laut dalam dalam genus Bathynomus yang hidup di zona bentik, bagian terdalam dari lautan. Kerabat kutu kayu berwarna kuning krem yang memiliki kemiripan samar dengan Darth Vader merupakan spesies Bathynomus baru yang mengais di laut dalam.

Spesies Bathynomus kadang-kadang disebut "Darth Vader of the Seas," mungkin karena kepala mereka memiliki kesamaan dengan helm karakter "Star Wars". Para peneliti mengidentifikasi spesies ini dari spesimen tunggal yang ditangkap di Semenanjung Yucatan di Meksiko pada tahun 2017 dan mereka menamakannya Bathynomus yucatanensis.

Anggota Bathynomus terlihat serupa, dan para peneliti awalnya berasumsi bahwa individu tersebut adalah spesies yang dikenal yang disebut B. giganteus, salah satu dari dua spesies yang diidentifikasi sebelumnya di Teluk Yucatan. Sampai analisis genetik menunjukkan bahwa itu adalah spesies yang tidak diketahui yang berbagi perairan yang sama.

“Keragaman ekologi Teluk Meksiko mungkin lebih kompleks daripada yang diperkirakan [sebelumnya],” kata Huang Ming-Chih, seorang profesor di Universitas Nasional Tainan di Taiwan, kepada Live Science, Rabu (10/8/2022).

Spesies Bathynomus adalah isopoda, ordo krustasea yang termasuk kutu kayu. Memulung di laut dalam, spesies Bathynomus jarang terlihat oleh manusia. Spesimen dari Teluk Meksiko yang digunakan untuk mengidentifikasi B. yucatanensis berasal dari sekitar 600 hingga 800 meter di bawah permukaan laut.

Akuarium Enoshima di Jepang menyimpan spesimen dengan asumsi itu adalah B. giganteus sampai Huang memperolehnya sebagai bagian dari penelitian yang menyelidiki Bathynomus. Huang menganalisis DNA spesimen dan menemukan bahwa itu berbeda dari B. giganteus dalam urutan dua gen - sitokrom c oksidase subunit 1 (COI) dan 16S rRNA.

Spesimen kedua dari akuarium yang menjalani analisis yang sama menghasilkan kecocokan untuk B. giganteus, lebih lanjut menunjukkan bahwa spesimen pertama adalah sesuatu yang berbeda. “Saya skeptis. Terlebih lagi, warna kuning krem spesies yang baru diidentifikasi membedakannya dari sepupunya yang lebih abu-abu.,” kata Huang.