Memiliki Banyak Talenta Berbakat, Daewoong Yakin Indonesia Akan Menjadi Bio-Hub Global

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 06:17 WIB
loading...
Memiliki Banyak Talenta Berbakat, Daewoong Yakin Indonesia Akan Menjadi Bio-Hub Global
Head of Global Business Operation Center (Operation Director) Joong Youn, Cho. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Daewoong Pharmaceutical sebuah perusahaan perawatan kesehatan global asal Korea Selatan yang sangat serius berinovasi dan bisnis dengan rencana masa depan untuk bisnis dan Open innovation" di Indonesia.

Dalam kesempatan ini SINDOnews mendapat kesempatan wawancara dengan Head of Global Business Operation Center (Operation Director) Joong Youn, Cho.



Joong Youn, Cho dalam kesempatan ini menekankan visi Daewoong Pharmaceutical untuk pertumbuhan industri farmasi Indonesia, investasi berkelanjutan di bidang bio dan farmasi, serta memperkuat kerja sama dengan talenta berbakat. Peserta juga menunjukkan respons positif melalui tanya jawab aktif.

1. Sebagai salah satu dari 5 perusahaan farmasi teratas di Korea Selatan, target besar apa yang ingin dicapai Daewoong Pharmaceutical?

Berdasarkan visi ‘grup perawatan kesehatan global yang memimpin peningkatan kualitas hidup manusia', Daewoong Pharmaceutical memberikan solusi perawatan kesehatan total di bidang farmasi/bio/medis, bergerak maju secara global melalui inovasi berkelanjutan, seperti mengembangkan obat baru dan memasuki berbagai sektor perawatan di seluruh dunia.

Kami memiliki jumlah anak perusahaan atau cabang terbesar di luar negeri di antara perusahaan farmasi Korea; kami telah mendirikan anak perusahaan lokal, pusat penelitian, dan pabrik di 8 negara termasuk Indonesia, AS, dan China untuk menerapkan strategi lokalisasi.

Diantaranya, Indonesia merupakan negara strategis terbesar. Di bawah tujuan tumbuh menjadi perusahaan farmasi No.1 di Indonesia pada tahun 2030, kami telah mendirikan PT. Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia pada tahun 2005, mendirikan usaha patungan Daewoong Infion, membangun pabrik biofarmasi pertama, memproduksi produk biomedis EPO(Erythropoietin) dan EGF(Epidermal Growth factor), membangun bio-hub melalui kolaborasi terbuka R&D dengan pemerintah dan universitas.

Secara khusus, untuk membangun sistem organik yang menghasilkan sinergi setiap bisnis, kami melakukan: ekspansi bisnis bio, penguatan R&D melalui kolaborasi terbuka, bisnis baru seperti memasuki pasar estetika, pendirian pabrik.

Selanjutnya, dengan tujuan 'Peringkat 1 dalam M/S dari setidaknya dua produk pada tahun 2027', kami berencana untuk secara aktif meluncurkan obat-obatan global baru dan uji klinis di Indonesia, seperti 'Fexuprazan', pengobatan GERD yang diproduksi di kantor pusat Korea yang menargetkan pasar global.

Daewoong Pharmaceutical memiliki inisiatif besar untuk menjadikan Indonesia sebagai bio-hub global, lebih dari sekadar meluncurkan bisnis perawatan kesehatan di Indonesia. Selain itu, kami berusaha untuk menyediakan akses yang layak ke solusi perawatan kesehatan berkualitas tinggi yang dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

2. Daewoong mendirikan cabangnya di Indonesia pada tahun 2005 apa yang melatarbelakangi memilih Indonesia untuk dalam pengembangan teknologi medis?

Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia dengan populasi sekitar 280 juta jiwa, dan salah satu negara ASEM (ASIA Europe Meeting) paling berpengaruh yang memiliki potensi pasar besar karena pertumbuhan ekonominya yang cepat.

Perekonomian Indonesia memiliki tingkat permintaan domestik yang tinggi; menurut data Statista, khususnya, penjualan industri farmasi adalah sekitar USD 3 miliar pada tahun 2021, dan diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan yang konstan.

Saat ini terdapat sekitar 200 perusahaan farmasi di Indonesia, dan sebagian besar produknya adalah obat generik. Akibat kebijakan proteksionis yang melarang impor produk asli setelah persetujuan produk generik, memasuki pasar Indonesia membutuhkan produksi lokal di Indonesia. Secara khusus, produk biofarmasi bergantung sepenuhnya pada impor, sehingga perlu dibangun infrastruktur untuk produksi sendiri.

Bagi Daewoong Pharmaceutical, Indonesia bukan negara hanya untuk memproduksi produk. Kami yakin Indonesia akan tumbuh menjadi bio-hub global bersama dengan Daewoong Pharmaceutical, dengan membangun infrastruktur bio yang dilengkapi dengan seluruh proses bisnis bio-produk seperti R&D, produksi, penjualan, dan ekspor. Hal ini juga didasari oleh tingginya minat dan dukungan pemerintah Indonesia terhadap industri bio.

3. Daewoong Pharmaceutical menerapkan 'localization strategy', yaitu dengan mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan lokal apakah nantinya rempah-rempah dari Indonesia, seperti Jahe, kunyit, brotowali akan menjadi bahan-bahan obat Daewoong?

Saat ini belum ada produk yang menggunakan rempah-rempah yang diproduksi di Indonesia sebagai bahan baku. Namun, karena strategi utama kami adalah kolaborasi terbuka, kami dapat mempertimbangkannya secara positif di masa depan, melalui berbagai kerjasama dengan pemerintah dan universitas.

Untuk saat ini, Daewoong Pharmaceutical bertujuan untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai pengekspor produk/teknologi farmasi, dengan memperkenalkan pabrik dan teknologi GMP terbaik dunia untuk mengekspor produk yang diproduksi di Indonesia.

4. Daewoong Pharmaceutical belakangan ini menjalin kerjasama dengan Mahasiswa-mahasiswa farmasi atau kesehatan Indonesia tujuan atau golnya akan kemana?

Daewoong Pharmaceutical bertujuan untuk menjadi pusat pelatihan pendidikan di mana talenta yang menjanjikan di Indonesia ingin belajar dan mendapatkan pengalaman, berkontribusi pada pengembangan sumber daya perawatan kesehatan serta mengamankan talenta untuk bekerja bersama kami. Bakat-bakat ini akan diprioritaskan dalam peluang rekrutmen di masa depan untuk berbagai sektor di Daewoong, termasuk R&D, sel punca/botulinum toxin plant, dan CDMO.

Daewoong Pharmaceutical mempekerjakan dan membina orang-orang berbakat tanpa memandang kebangsaan/usia/tahun kerja/jenis kelamin, dan kami percaya bahwa mahasiswa dan peneliti kesehatan Indonesia memiliki potensi besar serta ide-ide cerdas.

Oleh karena itu, kami ingin mengembangkan ahli bio dan farmasi dengan menemukan dan melatih SDM yang berbakat. Dengan mendirikan dan mengoperasikan pusat penelitian bio, lab analisis, lab farmasi, dan pabrik, kami membantu mahasiswa dan peneliti kesehatan Indonesia tumbuh menjadi talenta terbaik dengan mempelajari dan membangun kemampuan mereka.

Baru-baru ini, kami berusaha untuk mendorong mahasiswa pascasarjana Indonesia jurusan kesehatan menjadi ahli farmasi global, melalui ‘Global DDS Training Program’ di mana mereka dapat menerima pelatihan parktik di pusat R&D Daewoong di Korea.

5. Daewoong Foundation secara konsisten turut serta membina pemimpin masa depan di industri kesehatan melalui kerjasama dengan sejumlah universitas terkemuka di Indonesia. Selain pemberian beasiswa yang sudag berjalan ada tidak rencana memberi bantuan alat praktikum di lembaga pendidikan di Daerah-daerah pelosok di nusantara?

Untuk mengembangkan bakat global, Daewoong Foundation menyediakan beasiswa dan program pelatihan untuk mahasiswa dan pascasarjana berprestasi di Indonesia. Meskipun kami belum menentukan wilayah, dana dan peralatan, kami selalu terbuka untuk memberikan dukungan positif, selama itu sesuai dengan pertumbuhan talenta biofarmasi di Indonesia.

Pada tahun 2019, kami menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk petugas pemadam kebakaran Indonesia, dan saat ini, kami masih mempertimbangkan berbagai opsi.

6. Ada kesempatan buat talenta talenta dari Indonesia yang sudah dilatih oleh ahli dari Daewoong Foundation, diperkenalkan atau dilibatkan secara langsung dalam riset yang tengah dikembangkan Daewoong?

Ya. Lulusan dengan hasil yang terbaik akan memiliki kesempatan untuk bekerja di Daewoong Pharmaceutical di masa depan. Sembilan lulusan program DDS 1 dan 2 telah dipilih dalam rekrutmen Daewoong Pharmaceutical R&D Center dan Global Sector, yang dijadwalkan mulai bekerja di Korea mulai September.

Global DDS Training Program saat ini sedang dalam program ke-4. Sejauh ini, sebanyak 42 talenta Indonesia telah berkesempatan belajar bersama praktisi riset di Daewoong Pharmaceutical R&D Center di Korea, mengembangkan kemampuannya untuk tumbuh menjadi pakar farmasi global melalui program pembelajaran profesional.

7. Anda melihat pontensi talenta berbakat di Indonesia bagaimana, apakah sudah sesuai dengan harapan Daewoong yang diinginkan?

Ya, Daewoong Pharmaceutical percaya bahwa talenta Indonesia memiliki potensi yang tidak terbatas, sehingga telah mengembangkan berbagai program dan bisnis pengembangan talenta. Bertemu dengan mahasiswa Indonesia, kami dapat mengkonfirmasi potensi pertumbuhan bakat global lebih kuat, dan kami akan terus bekerja lebih keras untuk menciptakan berbagai peluang untuk pertumbuhan mereka.


8. Ada kesempatan talenta-talenta Indonesia yang terpilih tersebut bekerja di Daewoong Pharmaceutical, mungkin yang di Korsel? Jika sudah ada yang berkerja berapa jumlahnya?

Bagi talenta-talenta Indonesia terpilih dari lowongan pekerjaan saat ini, mereka pasti akan memiliki kesempatan untuk bekerja di Korea sesuai kebutuhan. Daewoong Pharmaceutical akan secara aktif merekrut talenta berbakat Indonesia melalui lowongan pekerjaan ini; jika pelamar memiliki kemampuan dan potensi, kami tidak akan menetapkan batasan apa pun. Sulit untuk menentukan jumlah pasti pekerjanya.

Sudah ada banyak karyawan Indonesia di kantor pusat Korea yang aktif di berbagai bidang, dan kami berencana untuk menarik banyak talenta Indonesia setiap tahun. Untuk tujuan ini, kami memiliki budaya perusahaan global yang otonom & horizontal, dan lingkungan yang mempertimbangkan berbagai agama dan kebangsaan.

9. Bagaimana budaya perusahaan Daewoong Pharmaceutical? Apakah ini tempat kerja yang baik untuk pekerja/karyawan asing?

Daewoong Pharmaceutical memiliki budaya perusahaan yang otonom dan horizontal yang cocok untuk bakat global untuk bekerja.

Kebijakan SDM kami memberikan kesempatan dan penghargaan yang setara berdasarkan kinerja dan kompetensi individu, tanpa memandang kebangsaan, usia, masa kerja, atau jenis kelamin. Kami juga telah membangun lingkungan kerja yang cerdas, di mana karyawan dapat terlibat secara mandiri dan menghasilkan hasil, tidak terpengaruh oleh jam kerja atau lokasi. Mereka dapat bekerja di tempat yang mereka dapat berkonsentrasi dengan baik, dan untuk karyawan yang berkomunikasi di luar negeri, mereka dapat menyesuaikan jam kerjanya.

Untuk karyawan asing yang bekerja di Korea, kami mendukung penerbitan visa, pendidikan bahasa Korea, dll, serta program untuk memahami budaya Korea. Daewoong Pharmaceutical R&D Center di Korea memiliki musholla khusus untuk umat Islam, dan memberikan perhatian khusus pada makanannya. Selama bulan Ramadhan, kami menawarkan makanan di waktu sahur.

Daewoong Pharmaceutical menganggap 'pertumbuhan karyawan' sebagai hal yang paling penting. Untuk pertumbuhan karyawan kami, kami sepenuhnya mendukung pendidikan terkait pekerjaan yang diperlukan, dan secara aktif melaksanakan pendidikan industri terkini, seperti kursus pakar big data AI internal.

Karyawan juga dapat melamar ke departemen pilihan mereka melalui kebijakan CDP (Career Development Path), di mana mereka dapat bekerja di berbagai departemen untuk meningkatkan keahlian mereka.

Sebagai pengakuan atas budaya perusahaan yang horizontal dan otonom ini, Daewoong Pharmaceutical terpilih sebagai “Top 10 Tempat Kerja Terbaik di Asia” tahun lalu oleh komite GPTW (Great Place To Work).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)