596 Penguin Mati Akibat Cuaca Ekstrem yang Melanda Brazil

Senin, 15 Agustus 2022 - 15:06 WIB
loading...
596 Penguin Mati Akibat Cuaca Ekstrem yang Melanda Brazil
Topan ekstratropis yang membawa angin kencang dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer (km) per jam menghantam daerah tersebut dan membuat ratusan hewan mati FOTO/ IST
A A A
SAO PAULO - Akibat cuaca ekstrem sebanyak 596 penguin dan ratusan hewan laut lainnya ditemukan mati di Florianopolis, Santa Catarina di Brazil Selatan.

Topan ekstratropis yang membawa angin kencang dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer (km) per jam menghantam daerah tersebut dan membuat ratusan hewan mati .

BACA JUGA - 2 Ular Raksasa Kalimantan Berukuran Tak Biasa yang Gemparkan Dunia

Menurut Santos Basin Coastal Monitoring Project (PMP), Senin (15/8/2022), hewan itu ditemukan di beberapa daerah pesisir di Florianopolis, kata ahli biologi Andre Barreto, yang juga koordinator PMP Santa Catarina.

Menurut dia, angin puting beliung yang bergerak ke arah selatan dan tenggara Brazil itu juga menghanyutkan beberapa spesies hewan laut lainnya dan bangkai seperti burung camar dan penyu juga ditemukan sejak Selasa.

“Pada umumnya hewan-hewan yang ditemukan setelah angin puting beliung adalah hewan yang paling lemah. Penguin kesulitan melarikan diri saat menghadapi ombak yang kuat, tidak seperti burung lainnya karena penguin tidak bisa terbang,''

"Penguin itu tenggelam karena kondisi laut yang ganas, meski berusaha berenang ke permukaan untuk bernapas," kata pakar tersebut.

Angin dengan kecepatan 100 km per jam tercatat pada Selasa dan Jumat di Santa Catarina, menurut badan meteorologi lokal Epagri.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0930 seconds (10.177#12.26)