2 Sayap Panel Surya Stasiun Ruang Angkasa Tiangong Siap Dipasang

Senin, 15 Agustus 2022 - 16:27 WIB
loading...
2 Sayap Panel Surya Stasiun Ruang Angkasa Tiangong Siap Dipasang
Sebuah kamera di stasiun ruang angkasa Tiangong China menangkap bentuk sayap susunan surya baru dari modul Wentian dengan latar belakang Bumi yang biru cerah. Foto/CCTV/Space.com
A A A
BEIJING - China tampaknya segera memasang susunan 2 sayap panel surya di stasiun ruang angkasa Tiangong. Sepasang sayap panel surya ini bagian dari modul Wentian yang baru saja diluncurkan pada Juli 2022.

Penampakan susunan panel surya ini ditampilkan dalam video terbaru yang dirilis China's Human Spaceflight Agency atau CMSA Sabtu 13 Agustus 2022. Dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (15/8/2022), sepasang sayap besar penangkap energi surya ini dapat berputar saat berada di pos terdepan orbit Bumi.

Sudut panel juga dapat berubah menghadap matahari saat stasiun ruang angkasa Tiangong melanjutkan orbitnya. Dua susunan surya Wentian masing-masing memiliki panjang hampir 30 meter.

Baca juga; Pesawat Kargo China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Kedua sayap panel surya ini memiliki lebar total lebih dari 55 meter. Setiap panel surya memiliki area penampang muka sekitar 110 meter persegi.

China berencana untuk meluncurkan modul ketiga dan terakhir ke Tiangong pada bulan Oktober yang disebut Mengtian. Modul eksperimen itu juga akan membawa sepasang susunan surya besar yang mirip dengan yang dibawa Wentian.

Panel surya dirancang untuk menyediakan daya bagi stasiun luar angkasa Tiangong yang direncanakan China untuk tetap dihuni secara permanen oleh astronot selama lebih dari satu dekade.

Baca juga; Rampungkan Pembangunan Stasiun Luar Angkasa Tiangong, China Siapkan 6 Misi Lagi

Sementara itu, Stasiun Luar Angkasa Internasional yang lebih tua dan lebih besar memiliki susunan surya dengan lebar sayap 73 meter untuk menggerakkan aktivitasnya di orbit. Ketika selesai, Tiangong akan menjadi sekitar 20% lebih besar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang memiliki massa sekitar 460 ton.

Tiga astronot misi Shenzhou 14, yang saat ini berada di atas stasiun ruang angkasa Tiangong bersiap untuk aktivitas ekstravehicular pertama atau spacewalk. Mereka akan menyambut kedatangan dan membongkar muatan dari modul Wentian.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1575 seconds (11.210#12.26)