5 Fenomena Alam Langka Super Langka yang Terjadi di Bumi

Selasa, 16 Agustus 2022 - 21:39 WIB
loading...
A A A
3. Catatumbo Lightning

Salah satu gejala alam yang biasa muncul saat musim hujan adalah petir. Namun, berbeda dengan petir biasa, petir ini menyambar tanpa henti. Fenomena itu terjadi di Venezuela dan disebut sebagai Catatumbo Lightning. Petir Catatumbo dapat menyambar hingga 400.000 lebih sambaran dalam setahun.

Diperkirakan penyebab terjadi Petir Catatumbo adalah akibat dari proses angin yang bertiup melintasi Danau Maracaibo dan melewati rawa-rawa besar yang terdapat banyak kandungan bahan-bahan organik (gas metana) yang membusuk.

Setelah proses tersebut, maka terbentuklah awan gas besar yang terionisasi. Setelah melewati beberapa fase, awan gas ini kemudian terbawa naik ke atmosfer dan bertabrakan dengan angin kencang yang berasal dari pegunungan tinggi Andes,
5 Fenomena Alam Langka Super Langka yang Terjadi di Bumi

Pegunungan Perijá, dan Cordillera Mérida. Setelah itu, awan ini akan menutupi dataran dari tiga sisi. Panas dan kelembapan yang terkumpul di seluruh dataran menghasilkan muatan listrik dan karena massa udara tidak stabil, awan tersebut akan terangkat naik lebih tinggi hingga mencapai sekitar sepuluh kilometer.

Selanjutnya, proses yang terjadi pada titik tertentu secara kumulatif menyebabkan timbul perbedaan potensial yang amat tinggi dan terjadilah fenomena alam Petir Catatumbo.

4.Hutan Bengkok

Di Polandia ada satu hutan pinus yang memiliki ratusan pohon bengkok di dalamnya. Oleh karena itu, tak heran apabila hutan tersebut kemudian diberi nama Crooced Forest. Ini merupakan fenomena alam langka yang pernah terjadi.

Hutan ini berisi lebih dari 400 pohon pinus. Diketahui, pohon-pohon tersebut merupakan hasil dari penanaman yang dilakukan pada tahun 1930. Ada banyak pihak yang mencoba menjelaskan misteri dari bengkoknya pohon-pohon di sana.

Salah satu penjelasan yang paling populer adalah bahwa hutan bengkok merupakan hasil manipulasi dari petani lokal yang ingin mendapatkan kayu melengkung secara alami untuk kebutuhan pembuatan furnitur.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa kebengkokan pohon terjadi akibat gaya tarikan gravitasi yang cukup ekstrem sehingga hanya bagian pangkal hingga tengah pohon saja yang melengkung, sedangkan tengah hingga ujung dahan tetap lurus seperti kebanyakan pohon lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)