Daya Baterai Baju Antariksa Alami Gangguan, Misi Spacewalk Kosmonot Rusia Dipersingkat

Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:43 WIB
loading...
Daya Baterai Baju Antariksa Alami Gangguan, Misi Spacewalk Kosmonot Rusia Dipersingkat
Kosmonot Rusia Oleg Artemyev, terlihat di atas, diperintahkan kembali ke dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional setelah mengalami masalah listrik dengan pakaian antariksa Orlan-nya selama perjalanan ruang angkasa dengan Denis Matveev pada Rabu, 17 Agust
A A A
MOSKOW - Akibat daya baterai baju antariksa mengalami gangguan, misi spacewalk kosmonot Rusia Oleg Artemyev dipersingkat pada Rabu 17 Agustus 2022. Belum diketahui penyebab gangguan catu daya pada pakaian antariksa, namun Artemyev berhasil memasang dua kamera di area siku pada Lengan Robot Eropa (European Robotic Arm/ERA).

Mission Control langsung memerintahkan kosmonot Oleg Artemyev kembali ke dalam kapsul Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setelah daya baterai pakaian antariksanya berfluktuasi secara tak terduga. Komandan Ekspedisi 67 Oleg Artemyev pun kembali ke airlock setelah melaporkan fluktuasi tegangan pada daya baterai pada pakaian antariksa Orlan-nya.

“Lepaskan semuanya dan mulai kembali segera!” kata Vladimir Solovyov, mantan kosmonot dan direktur penerbangan untuk segmen stasiun ruang angkasa Rusia, mengirim radio ke Artemyev selama perjalanan ruang angkasa. “Oleg, kembali dan sambungkan ke daya stasiun,” lanjutnya.

Baca juga; Bertekad Tinggalkan ISS, Rusia Tunjukkan Model Stasiun Luar Angkasa Baru

Meskipun Artemyev tidak dalam bahaya, namun jika catu daya baterai pakaian antariksanya terputus, maka dia tidak dapat berkomunikasi dengan sesama penjelajah ruang angkasa lainnya, Denis Matveev. Termasuk pengendali penerbangan di darat, sampai dia dapat menyambungkan kembali ke stopkontak catu daya di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

“Saya dengar dan mengerti,” kata Artemyev, saat dia mulai berjalan kembali ke airlock di sisi yang menghadap ruang angkasa dari modul penelitian mini Poisk.

“Saya pikir kami membutuhkan beberapa panel surya di Orlans sehingga kami dapat mengisi ulang selama [aktivitas ekstravehicular],” kata Artemyev setelah memasuki kembali airlock hampir dua setengah jam ke dalam perjalanan ruang angkasa yang direncanakan selama 6,5 jam.

Baca juga; Perang Rusia Ukraina Bisa Mempercepat Kehancuran Stasiun Luar Angkasa Internasional

Artemyev dan Matveev, keduanya dari perusahaan luar angkasa federal Rusia Roscosmos, telah dikirim ke luar stasiun untuk terus melengkapi lengan robot Eropa yang telah diluncurkan ke ISS yang mengorbit pada Juli 2021. Sebelum kembali ke ISS, Artemyev dan Matveev berhasil memasang dua kamera di area siku pada Lengan Robot Eropa (ERA).

Artemyev juga melepaskan isolasi termal dan penahan peluncuran dari salah satu dari dua efektor ujung atau "tangan" di ujung berlawanan dari lengan. Kedua kosmonot itu juga telah ditugaskan untuk memindahkan panel kontrol eksternal untuk lengan dari satu area operasi ke area lain dan menguji mekanisme kekakuan pada lengan yang akan digunakan untuk memfasilitasi penangkapan muatan.
Daya Baterai Baju Antariksa Alami Gangguan, Misi Spacewalk Kosmonot Rusia Dipersingkat


Setelah sepenuhnya dikonfigurasi, Lengan Robot Eropa akan digunakan untuk memindahkan muatan dan peralatan di luar segmen stasiun ruang angkasa Rusia. ERA, yang disediakan oleh Badan Antariksa Eropa, bergabung dengan lengan robot Canadarm2 buatan Kanada dan lengan Kibo Jepang yang telah mendukung pemeliharaan, operasi, dan penelitian di bagian luar kompleks yang mengorbit.

Setelah menunggu lengan robot dimanuver ke konfigurasi yang disimpan, Matveev bergabung dengan Artemyev kembali ke dalam airlock, menandai berakhirnya perjalanan mereka. Spacewalk selesai pada pukul 13:54. EDT atau berjalan sekitar4 jam dan 1 menit.

Ini adalah perjalanan luar angkasa ketujuh tahun ini dan yang ke-252 untuk mendukung perakitan, peningkatan, dan pemeliharaan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak tahun 1998. Ini adalah misi EVA ketujuh bagi Artemyev, yang sekarang telah mencatat 45 jam dan 45 menit bekerja di ruang hampa udara, dan yang ketiga untuk Matveev, yang telah menghabiskan 18 jam dan 20 menit di luar angkasa.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1444 seconds (10.101#12.26)