Mengapa Laut Mediterania dan Samudra Atlantik Tidak Menyatu? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kamis, 18 Agustus 2022 - 21:22 WIB
loading...
A A A
"Kami mempelajari pernyataan peneliti tertentu tentang penghalang yang memisahkan lautan dan mengamati bahwa Laut Mediterania memiliki salinitas dan kerapatan yang berbeda, serta menjadi hunian bagi flora dan fauna yang khas dari tempat tersebut," kata Francis J. Costeau, seorang ahli oseanografi, dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik'.

Nah, saat air dari Samudera Atlantik diteliti, diketahui dengan jelas bahwa karakter airnya berbeda dengan air Lautan Mediterania padahal mereka bertemu di satu titik lautan yang sama.

Selain karena karakter dari air masing-masing, alasan lain mengapa Lautan Mediterania dan Samudra Atlantik tidak menyatu adalah karena gaya fisika yang disebut 'tegangan permukaan'. Jadi, para ahli kelautan menemukan bahwa air dari laut-laut yang bersebelahan itu memiliki perbedaan massa jenis.

Karena perbedaan massa jenis tersebut, tegangan permukaan mencegah dua lautan saling bercampur, seolah-olah terdapat dinding tipis yang memisahkan keduanya.

Jadi, karena beberapa perbedaan itu yang akhirnya membuat Laut Mediterania dan Samudra Atlantik tidak saling bercampur. Keajaiban alam yang benar-benar menakjubkan, bukan?
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3418 seconds (0.1#10.140)