5 Ular Laut Paling Berbisa di Dunia, Nomor 1 Terdapat di Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 12:45 WIB
loading...
5 Ular Laut Paling Berbisa di Dunia, Nomor 1 Terdapat di Indonesia
Meskipun secara umum dianggap pemalu dan penakut, ular laut terkenal karena racunnya yang mematikan bagi manusia hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Foto/Owlcation
A A A
JAKARTA - Di seluruh dunia, ada sejumlah ular laut yang mampu menimbulkan bahaya serius, cedera, dan kematian bagi manusia. Meskipun secara umum dianggap pemalu dan penakut, ular laut terkenal karena racunnya yang mematikan bagi manusia hanya dalam jumlah yang sangat kecil.

Sejumlah ular laut mematikan, mulai dari ular laut perut kuning yang mematikan hingga krait laut berpita hitam. Berikut 5 ular laut paling mematikan di dunia dihimpun SINDOnews dari laman Owlcation, Sabtu (20/8/2022).

1. Ular Laut Belcher
5 Ular Laut Paling Berbisa di Dunia, Nomor 1 Terdapat di Indonesia


Ular laut Belcher (kadang-kadang disebut sebagai ular laut bergaris-samar) adalah spesies elapid yang terkenal karena bisanya yang sangat beracun. Dikenal sebagai ular paling berbisa di dunia, ular laut Belcher memiliki sifat yang relatif pemalu dan menghindari kontak dengan manusia.

Ular ini banyak ditemukan di Samudera Hindia, Teluk Thailand, serta perairan pesisir Papua Nugini, Filipina, Indonesia, dan Australia. Mereka dapat dengan mudah dikenali karena tubuhnya yang ramping, ukurannya yang kecil (mencapai 1,5 meter saat dewasa), serta tubuh seperti krom dengan garis hitam.

Baca juga; Viral Pertarungan 2 Reptil Berbisa, Raja Timur Menyantap Ular Derik

2. Ular Laut Dubois
5 Ular Laut Paling Berbisa di Dunia, Nomor 1 Terdapat di Indonesia


Ular laut Dubois juga dikenal sebagai ular laut karang dikenal sebagai spesies ular mematikan dari keluarga Elapidae. Endemik perairan pesisir Australia dan Asia Tenggara, ular laut Dubois adalah spesies yang sangat berbahaya yang memiliki kapasitas untuk secara melukai serius (dan membunuh) manusia dengan satu gigitan.

Ular ini dapat dengan mudah dikenali karena ukurannya yang panjang, kepala yang lebar, ekor yang seperti sirip, serta warna kulit kecokelatan yang ditandai dengan rangkaian garis melintang berwarna coklat tua. Ular laut Dubois umumnya ditemukan di seluruh wilayah pesisir Australia dan Samudra Hindia di wilayah yang mengandung banyak rumput laut bawah laut.

Baca juga; Digigit Ular Berbisa, Ini Pertolongan Pertama yang Wajib Diketahui dari Pakar IPB
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1789 seconds (11.210#12.26)