UNESCO Sebut 3 Kota Besar Ini Terancam Digulung Tsunami dalam Waktu Dekat

Minggu, 21 Agustus 2022 - 14:31 WIB
loading...
UNESCO Sebut 3 Kota Besar Ini Terancam Digulung Tsunami dalam Waktu Dekat
UNESCO prediksi tiga kota ini terancam dihantam tsunami dalam waktu dekat. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - UNESCO memperingatkan bahwa tsunam i akan segera melanda kota-kota besar di atau dekat Laut Mediterania termasuk Marseille, Alexandria, dan Istanbul.

Dan kemungkinan hampir 100 persen gelombangnya mencapai lebih dari satu meter dalam 30 tahun ke depan.



Risiko tsunami di masyarakat pesisir Mediterania diperkirakan akan meningkat seiring dengan naiknya permukaan air laut. Sementara masyarakat di Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, sering kali menyadari bahayanya. Sebaliknya, di wilayah pesisir lainnya, termasuk Mediterania hal itu sering diremehkan.

UNESCO mengatakan lima komunitas berisiko di Mediterania akan bergabung dengan 40 kota dan kota ‘siap tsunami’ lainnya di 21 negara pada tahun depan. Selain Marseille, Alexandria, dan Istanbul, mereka termasuk Cannes dan Chipiona, sebuah kota di pantai Atlantik Spanyol dekat Cádiz.

Program ‘siap tsunami’ adalah bagian dari upaya UNESCO yang diluncurkan menjelang konferensi Kelautan PBB di Lisbon, Portugal minggu depan, untuk memastikan semua komunitas yang berisiko akan tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi tsunami pada tahun 2030.

“Tsunami 2004 dan 2011 adalah peringatan. Kami telah menempuh perjalanan panjang sejak 2004. Kami lebih aman hari ini. Tetapi ada kesenjangan dalam kesiapsiagaan dan kami perlu meningkatkan; kita perlu memastikan bahwa peringatan dipahami oleh pengunjung dan komunitas,” kata Bernardo Aliaga, pakar tsunami utama di UNESCO seperti dilansir Unilad.

Tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 merupakan yang paling mematikan dalam sejarah. Tsunami itu menewaskan sekitar 230.000 orang di 14 negara. Sedangkan gempa bumi dan tsunami berkekuatan 9,1 pada tahun 2011, yang mencapai ketinggian hampir 40 meter (130 kaki), menewaskan 18.000 orang di Jepang.

Bernardo Aliaga mengatakan pihak berwenang di kota-kota tersebut sedang mengerjakan tsunami ready untuk kesiapsiagaan. Termasuk terkait rambu dan prosedur evakuasi, serta rencana memperingatkan para wisatawan.

Program tersebut akan diluncurkan pada konferensi kelautan PBB di Lisbon minggu depan. Tsunami-ready merupakan upaya untuk memastikan seluruh komunitas yang berisiko tahu apa yang harus dilakukan jika tsunami terjadi tahun 2030 mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2457 seconds (0.1#10.140)