Kapal Serbu Amfibi Marinir AS Sudah Merapat ke Lithuania, Ini Muatan dan Persenjataan yang Dibawa

Senin, 22 Agustus 2022 - 10:51 WIB
loading...
Kapal Serbu Amfibi Marinir AS Sudah Merapat ke Lithuania, Ini Muatan dan Persenjataan yang Dibawa
Kapal serbu amfibi Pasukan Ekspedisi Marinir ke-22 Amerika Serikat (AS) sudah merapat ke pelabuhan Klaipeda, Lithuania. Foto/Bulgarian Military/Twitter U.S. Embassy Vilnius @USEmbVilnius
A A A
VILNIUS - Kapal serbu amfibi Pasukan Ekspedisi Marinir ke-22 Amerika Serikat (AS) sudah merapat ke pelabuhan Klaipeda, Lithuania. Kapal utama pasukan Marinir AS ini berasal dari kelas Wasp adalah USS Kearsarge yang membawa 2.000 personel.

Kehadiran USS Kearsarge tercatat sebagai kapal Amerika Serikat terbesar yang mengunjungi Lithuania. β€œ(Kapal) Ini di sini untuk menunjukkan persatuan dan solidaritas dengan Lithuania dan sekutu NATO lainnya,” kata Kedutaan Besar AS di Vilnius dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Selasa (22/8/2022).

USS Kearsarge memiliki panjang 257,3 meter, lebar 60,1 meter, dan tinggi 10,5 meter. Kapal serbu amfibi ini dapat menampung hovercraft untuk pergerakan pasukan yang cepat dan pesawat serang AV-8B Harrier untuk dukungan udara.

Baca juga; Perang Makin Panjang, Rusia Produksi Massal Rudal Hipersonik Tsirkon

Persenjataan Kearsarge termasuk sistem pertahanan RIM-7 Sea Sparrow untuk dukungan anti-pesawat, rudal RIM-116 Rolling Frame, senapan rantai 25mm, dan sistem senjata Phalanx untuk melawan ancaman dari pesawat terbang rendah dan kapal kecil. Peluncur umpan melengkapi pertahanan rudal anti-kapal.
Kapal Serbu Amfibi Marinir AS Sudah Merapat ke Lithuania, Ini Muatan dan Persenjataan yang Dibawa


Video kehadiran kapal itu diterbitkan di situs web Angkatan Laut Lithuania. Pasukan Ekspedisi Marinir ke-22 mengatakan, para pelaut akan memiliki kesempatan untuk mengunjungi kota bersejarah Klaipeda. β€œIni memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan negara-negara yang menyebut Laut Baltik sebagai rumah,” demikian keterangan dari Marinir AS.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2248 seconds (10.177#12.26)