Jejak Kaki Reptil Raksasa Muncul di Sungai yang Mengering

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 18:20 WIB
loading...
Jejak Kaki Reptil Raksasa Muncul di Sungai yang Mengering
Jejak kaki reptil raksasa muncul di dasar sungai di Texas Amerika Serikat. FOTO/ THE SUN
A A A
TEXAS - Suhu panas yang melanda Texas Amerika Serikat mengeringkan sungai yang mengalir melalui Taman Negara Bagian Texas baru-baru ini. Yang menakutkan dari keringnya sungai tersebut jejak kaki reptil raksasa yakni Acrocanthosaurus muncul di dasar sungai.

BACA JUGA - Cara Suku Dayak Membuktikan Keberadaan Ular Raksasa Nabau dan Tangkalaluk

Seperti dilansir dari The Sun Jumat (26/8/2022), jejak kaki dari reptil raksasa yang pernah hidup sekitar 113 juta tahun lalu terlihat setelah sungai mengering, kata seorang pejabat, Selasa lalu.

Sebuah foto yang diposting di Facebook menunjukkan jejak kaki dinosaurus mengarah ke dasar sungai yang ditumbuhi pepohonan kering di negara bagian selatan Amerika Serikat (AS).

Ini adalah salah satu jejak dinosaurus terpanjang di dunia, demikian keterangan yang menyertai gambar di situs sosial tersebut.

Stephanie Salinas Garcia dari Texas Parks and Wildlife Department mengatakan cuaca kering membuat jejak itu terlihat.

"Karena kondisi kekeringan ekstrem musim panas lalu, sungai mengering sepenuhnya di sebagian besar lokasi sehingga memungkinkan lebih banyak trek ditemukan di taman," katanya.

"Dalam kondisi sungai normal, relnya berada di bawah air dan biasanya dipenuhi dengan sedimen, membuatnya terkubur dan tidak terlihat," kata Garcia.

Sebagian besar jejak yang baru-baru ini terungkap dibuat oleh dinosaurus Acrocanthosaurus, yang beratnya hampir 6.350 kilogram sebagai hewan dewasa dan tingginya 4,5 meter.

Dinosaurus seperti Sauroposeidon juga meninggalkan jejak kaki di taman.

Hewan itu berukuran lebih dari 18 meter dan beratnya lebih dari 39.000 kilogram (kg) saat dewasa.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1615 seconds (11.252#12.26)