Aksi Kanibalisme Terekam Kamera, Aligator Menyantap Buaya

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:23 WIB
loading...
Aksi Kanibalisme Terekam Kamera, Aligator Menyantap Buaya
Terekam kamera aksi kanibalisme ketika seekor aligator menyantap buaya di daerah rawa di Silver Springs State Park di Florida, Amerika Serikat (AS). Foto/Ist/DailyNastionalToday
A A A
FLORIDA - Terekam kamera aksi kanibalisme ketika seekor aligator menyantap buaya di daerah rawa di Silver Springs State Park di Florida, Amerika Serikat (AS). Aksi kanibalisme yang langka di kalangan predator buas itu terekam seorang penduduk Port Charlotte, Tammy Shaw, pada 4 Agustus 2022, ketika sedang mendayung perahunya.

Saat Shaw menyaksikan, aligator yang berukuran besar itu mengangkat kepalanya lebih tinggi dan kemudian membanting mangsanya, yang sudah tak berdaya ke dalam air. Buaya yang berukuran kecil terjepit di rahang aligator, kemudian tubuh buaya yang lemas dihantam ke permukaan air.

Shaw menangkap video pendek buaya dan mempostingnya di grup Facebook Alligators of Florida pada 10 Agustus 2022. Sebagian besar memberikan komentar terkejut menyaksikan ada seekor buaya memakan buaya lain. “Saya tidak pernah tahu mereka benar-benar akan memakan salah satu dari mereka sendiri,” tulis salah satu komentar.

Baca juga; 70 Persen Buaya Betina Terbukti Setia, Buaya Jantan?

Adam Rosenblatt, asisten profesor biologi di University of North Florida yang mempelajari buaya Amerika (Alligator mississippiensis), mengatakan bahwa kanibalisme pada buaya bukan hal yang langka. Buaya biasa memakan buaya lain untuk alasan yang sama seperti ketika memakan mangsa lain saat lapar.

“Kanibalisme buaya telah terjadi selama jutaan tahun dan akan terus terjadi. Aligator akan memakan apa saja yang bisa ditampung rahangnya, termasuk mamalia, burung, reptil, amfibi, ikan, serangga, krustasea, siput, dan bahkan terkadang buah-buahan dan biji-bijian,” kata Rosenblatt dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Sabtu (27/8/2022).

Dia menambahkan, seekor buaya mungkin memakan buaya lain yang masuk atau menyerang wilayahnya. Apalagi Aligator jantan besar, sering menyendiri dan menjaga teritorial dengan ketat dari berbagai spesies yang masuk.

Baca juga; Apa Perbedaan Buaya dan Aligator?

“Buaya adalah pemburu ahli, dan tidak hanya dalam hal memakan buaya lain. Mereka sering berenang langsung ke mangsa kecil, seperti kepiting dan udang, dan segera menelannya,” kata Rosenblatt.

Namun, ketika memburu mangsa yang lebih besar, seperti babi dan rusa, buaya bisa sangat sembunyi-sembunyi. Buaya terkadang menunggu di dalam air selama berjam-jam agar hewan besar mendekat untuk minum, sebelum perlahan-lahan maju untuk menghindari perhatian dan kemudian tiba-tiba menyerang ketika mereka berjarak sekitar satu meter.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1448 seconds (11.97#12.26)