6 Gunung Berapi Aktif Setinggi 3.676 Meter Ditemukan di Laut Banda Maluku

Minggu, 28 Agustus 2022 - 12:03 WIB
loading...
6 Gunung Berapi Aktif Setinggi 3.676 Meter Ditemukan di Laut Banda Maluku
6 gunung berapi aktif ditemukan di Laut Banda Maluku. FOTO Ilustrasi/ IST
A A A
MALUKU - Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menemukan 6 gunung api aktif yang ditaksir tingginya setera dengan Gunung Semeru di Jawa Timur atau mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) di laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

BACA JUGA - Mengerikan! Inilah Dampak Letusan Gunung Berapi Bawah Laut Tonga

Temuan gunung api bawah laut itu kata dia, setelah pihaknya melakukan ekspedisi II Jala Citra Banda 2022. Ekpedisi ini kemudian, oleh berbagai pihak hasilnya didiskusikan secara ilmiah di Ambon, tepatnya di atas KRI Lada yang sandar di Dermaga Irian Lantamal IX Ambon,

“Ada enam gunung yang kita temukan, dan gunung itu bukan gunung kecil, gunung yang tingginya sampai 3400 meter. Jadi 3.400 tuh hampir sama dengan gunung Semeru,” kata Komandan Pushidrosal, Laksamana Madya.

Ekspedisi II Jala Citra Banda dilakukan menggunakan peralatan canggih. Ekspedisi dimulai sejak bulan Juni 2022 itu mengungkap data-data penting, yang sudah diperkirakan para peneliti sebelumnya saat ekspedisi Jenelius di zaman Belanda tahun 1929 silam.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki ratusan gunung api bawah laut dengan 8 di antaranya sudah diberi nama dan didaftarkan ke lembaga dunia. Koordinator Pemetaan Kelautan BIG Fajar Mugiarto menjelaskan kedelapan gunung api bawah laut tersebut adalah Gunung Baruna Komba, Abang Komba, dan Gunung Ibu Komba di NTT, Gunung Pagai di perairan barat Sumatera, dan Gunung Naung, Gunung Maselihe, Gunung Roa, dan Gunung Kawio Barat di Sulawesi Utara.

Kedelapan gunung tersebut ditelaah lebih lanjut dengan aturan yang mengacu pada dokumen B-6 Standardization of Undersea Features Names dari International Hidrographic Organization (IHO).

Kedelapan gunung tersebut diklasifikasikan sebagai gunung berapi bawah laut karena memiliki ketinggian lebih dari 1000 meter dan berbentuk kerucut.

Di antara kedelapan gunung tersebut, Gunung Api Kawio Barat adalah gunung api bawah laut tertinggi di dunia. Gunung api ini memiliki tinggi 3200 meter, dihitung dari dasar laut Sangihe sampai puncaknya.

Titik puncaknya sendiri berada di kedalaman 1900 meter di bawah permukaan laut. Oleh karena itu, untuk mencapai gunung tersebut diperlukan kapal khusus. Salah satu poin menarik dari gunung api yang satu ini, seperti yang dirilis oleh NOAA dan LIPI, adalah suhunya yang sangat panas, meskipun lokasinya berada di laut.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1461 seconds (10.177#12.26)