Senin, 29 Agustus 2022 - 13:51 WIB
5 Buaya Purba Terpanjang yang Pernah Meneror Dunia
Buaya purba terpanjang di dunia memiliki ukuran yang menakjubkan. Foto-foto/IST
JAKARTA - Buaya purba terpanjang di dunia ternyata pernah meneror dunia karena ukurannya yang luar biasa besar. Buaya diakui sebagai salah satu hewan yang punya hubungan erat dengan jaman pra sejarah.

Buaya pernah hidup bersama dinosaurus. Kemampuannya beradaptasi membuat buaya bertahan dari kepunahan massal dan hidup hingga kini.

Di zaman purbabuaya justru memiliki ukuran yang luar biasa. Bahkan ada buaya purba yang memiliki panjang hingga 12 meter? Berikut akan kami sajikan 5 daftar buaya terpanjang yang pernah hidup di bumi, yuk cermati di bawah ini:

1. Deinosuchus – 10,6 Meter
5 Buaya Purba Terpanjang yang Pernah Meneror Dunia

Panjang Deinosuchus dapat tumbuh hingga sekitar 10,6 meter. Buaya purban itu diyakini merupakan nenek moyang awal dari buaya Amerika. Bukti menunjukkan bahwa buaya ini ditemukan di Amerika Serikat bagian timur.

Namun, fosil terbesar menurut panjangnya telah ditemukan di Amerika Serikat bagian barat. Ini menunjukkan bahwa mereka hidup di sepanjang Western Interior Seaway antara 82 dan 73 juta tahun yang lalu.

Hewan ini memiliki berat hingga 5.000 kilogram. Meskipun Deinosuchus bisa memangsa dinosaurus lain, namun ia hanya memakan ikan laut.

2. Rhamphosuchus – 11 Meter
5 Buaya Purba Terpanjang yang Pernah Meneror Dunia

Rhamphosuchus diyakini telah hidup di tempat yang sekarang disebut Pakistan selama periode Miosen. Berdasarkan fosil yang dikumpulkan oleh dua arkeolog pada tahun 1840, reptil ini diperkirakan telah tumbuh hingga panjangnya sekitar 11 meter.

Buaya ini terkadang disebut buaya berparuh karena memiliki moncong mirip paruh yang unik. Para ilmuwan percaya mereka bisa berburu, meskipun makanan utamanya adalah ikan.