4 Gorila Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 390 kg

Senin, 29 Agustus 2022 - 15:34 WIB
loading...
4 Gorila Terbesar di Dunia, Ada yang Mencapai 390 kg
Sedikitnya ada empat gorila terbesar di dunia yang bisa diketahui. Foto DOK Perbedaanya
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat gorila terbesar di dunia yang bisa diketahui. Gorila masuk ke dalam jenis kera besar yang berasal dari kawasan Benua Afrika . Setiap spesies memiliki perbedaan ukuran meskipun mempunyai rata-rata tinggi yang hampir sama.

Melansir dari laman seaworld.org, Gorila terbagi menjadi dua kelompok yaitu yakni gorila timur dan barat. Dari kedua spesies tersebut mereka kembali terbagi menjadi empat subspesies.

Baca juga : 4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah

Meskipun kedua kelompok tersebut terlihat mirip namun terdapat beberapa perbedaan. Misalnya seperti gorila gunung yang berada di timur memiliki bulu lebih panjang dibanding di dataran rendah wilayah barat yang memiliki rambut pendek dan lembut.

Selain perbedaan fisik terdapat juga perbedaan ukuran, berikut empat gorila terbesar di dunia dilansir dari berbagai sumber :

1. Gorila Seberang Sungai

Kera besar ini termasuk ke dalam kelompok gorila barat. Mereka tersebar di hutan dan hutan hujan Kamerun dan Nigeria, dengan luas sekitar 3.000 mil persegi.

Dilansir dari laman home.adelphi.edu, Tingginya sekitar 4 sampai 5,5 kaki (1,2 sampai 1,6 meter) ketika berdiri dengan dua kaki dan beratnya mencapai 440 pon (sekitar 199 kg).

Saat ini wilayah tempat mereka tinggal sangat padat oleh manusia yang menebangi hutan ini untuk mencari kayu, membuat ladang untuk pertanian dan peternakan. Tingginya angka perburuan juga membuat gorila jenis ini terancam punah.

2. Gorila Dataran Rendah Barat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)