4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah

Rabu, 24 Agustus 2022 - 18:01 WIB
loading...
4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah
Monyet memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda, bergantung pada jenis kelamin, kondisi fisik, dan habitatnya. Foto/a-z animal
A A A
JAKARTA - Monyet memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda, bergantung pada jenis kelamin, kondisi fisik, dan habitatnya. Kebanyakan monyet hidup di Afrika , Asia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Sangat umum pada primata jantan mempunyai tubuh lebih besar daripada betina terutama untuk mencari pasangan. Monyet adalah hewan yang sangat sosial yang bersaing, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam banyak cara yang menarik.

Berikut adalah 4 monyet terbesar di dunia berdasarkan berat maksimum yang dirangkum SINDOnews dari laman a-z-animals, Rabu (24/8/2022).

1. Mandrill, 53,9 Kg
4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah


Mandrill adalah monyet terbesar di dunia dengan berat badan bisa mencapai 119 pon atau sekitar 53,9 Kg! Mandrill mudah dikenali dari wajahnya yang berwarna-warni. Makanan utama mandrill terdiri dari buah-buahan dan tanaman.

Monyet cantik dan menakutkan ini dapat ditemukan di hutan hujan tropis Guinea Khatulistiwa, Kamerun selatan, Gabon, dan Kongo. Mandrill saat ini terdaftar sebagai spesies yang rentan. Meskipun ukuran badannya luar biasa, mandrill bukanlah predator puncak. Mirip dengan babon chacma, mereka juga dimangsa terutama oleh macan tutul.



2. Drill, 49,8 Kg
4 Monyet Terbesar di Dunia, Nomor 2 Terancam Punah


Monyet Drill adalah monyet terbesar kedua di dunia dengan berat hingga 110 pon atau sekitar 49,8 Kg! Drill dianggap sebagai salah satu mamalia paling terancam punah di Afrika dengan hanya tersisa 3.000 ekor di alam liar. Mereka ditemukan di daerah kecil hutan hujan di Nigeria, Kamerun, dan Guinea Khatulistiwa.

Monyet Drill kurang dikenal dibandingkan dengan mandrill meskipun terkait erat. Namun, mereka memiliki fitur yang sama menariknya, pantat monyet Drill jantan sangat berwarna-warni termasuk warna ungu muda, merah, biru, dan ungu. Intensitas warna ini menandakan peringkat sosial Dril jantan dalam kelompok. Bahkan alat kelamin monyet Dril jantan juga berwarna merah dan ungu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)