Misi Artemis 1 Bawa 14 Kamera Canggih Imperx, Beroperasi di Suhu Minus 85 Derajat Celcius

Senin, 29 Agustus 2022 - 17:59 WIB
loading...
Misi Artemis 1 Bawa 14 Kamera Canggih Imperx, Beroperasi di Suhu Minus 85 Derajat Celcius
Roket Artemis 1 NASA, yang siap diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat, membawa 14 kamera pencitraan kedirgantaraan buatan Imperx asal Bulgaria.. Foto/NASA/Space.com
A A A
SOFIA - Roket Artemis 1 NASA, yang siap diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat, membawa 14 kamera pencitraan kedirgantaraan buatan Imperx asal Bulgaria. Kamera canggih ini diharapkan mampu beroperasi di suhu dan kondisi ekstrem Bersama misi Artemis 1.

Presiden dan CEO Imperx, Dr Petko Dinev mengatakan, kamera ini dapat berfungsi dalam suhu minus 40 derajat Celcius hingga 85 derajat Celcius, tahan terhadap getaran kuat, dan percepatan yang 100 kali lebih tinggi dari Bumi. Kamera ini akan memantau pengoperasian mesin, sistem bahan bakar, dan pemisahan kapsul awak Orion selama penerbangan pertama sebagai bagian dari misi Artemis 1 ke Bulan.

Dinev merancang kamera untuk megaroket berukuran tinggi 98 meter. Semua komponen dan pekerjaan persiapan dilakukan di Bulgaria, dan kemudian kamera dirakit oleh orang Bulgaria di kantor Imperx di Boca Raton, Florida. “Kami dapat dengan bangga mengatakan bahwa ini adalah produk dari otak dan tangan Bulgaria," kata Dinev dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian News Agency (BTA), Senin (29/8/2022).

Baca juga; NASA Siapkan Peluncuran Misi Bulan Artemis 1 Akhir Agustus

Perusahaan Imperx adalah perancang dan produsen terkemuka kamera digital dan frame grabber berkinerja dan berkualitas tinggi untuk berbagai aplikasi. Mulai pencitraan industri, komersial, militer, dan kedirgantaraan, termasuk biometrik, pemetaan udara, pengawasan, manajemen lalu lintas, pencitraan ilmiah dan medis, keamanan dalam negeri, dan eksplorasi ruang angkasa.

Adapun Dinev, yang merancang kamera ini merupakan lulusan Sekolah Menengah Matematika di Kazanluk, Bulgaria Tengah. Dinev meraih gelar Master dalam Fisika Terapan dari Universitas Sofia dan doktor di Teknik Elektro dari Florida Atlantic University di Boca Raton.
Misi Artemis 1 Bawa 14 Kamera Canggih Imperx, Beroperasi di Suhu Minus 85 Derajat Celcius


Dia telah bekerja di akademisi dan industri, termasuk sebagai asisten profesor fisika dan optik di Universitas Teknik Sofia, anggota staf teknis Sarnoff Corp, Princeton, New Jersey, dan Senior Research Fellow di Concord Camera Corp, Hollywood, Florida.

Baca juga; Begini Cara Misi Artemis 1 NASA Melindungi Astronot dari Radiasi Luar Angkasa

Selama kariernya, dia bertanggung jawab atas pengembangan produk baru, dan berhasil memasarkan banyak kamera, mulai dari kamera digital konsumen, kamera definisi tinggi canggih, hingga sistem pencitraan militer dan luar angkasa aplikasi khusus.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3803 seconds (11.210#12.26)