Robot NASA Temukan Batu Misterius di Planet Mars

Senin, 29 Agustus 2022 - 18:27 WIB
loading...
Robot NASA Temukan Batu Misterius di Planet Mars
Penemuan penting tersebut menjadi kunci utama yang akan membuka sejarah iklim di planet ini dan potensi planet merah untuk dihuni manusia. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Kendaraan robot Mars NASA , Perseverance, berhasil menemukan batu vulkanik misterius di kawah Jezero.



Penemuan penting tersebut menjadi kunci utama yang akan membuka sejarah iklim di planet ini dan potensi planet merah untuk dihuni manusia.

Ahli Geokimia di Institut Teknologi California, Prof. Ken Farley mengatakan penemuan itu mengejutkan anggota NASA karena Perseverance diperkirakan akan mendarat di batuan sedimen yang terbentuk dari lumpur yang memenuhi kawah Jezero sekitar 3,7 juta tahun yang lalu.

“Sebagian besar dari kita berharap untuk mempelajari batuan yang diendapkan di danau, dan butuh waktu lama untuk memahami fakta bahwa batuan di dasar kawah adalah batuan vulkanik beku,” katanya seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (29/9/2022).

Ketekunan mendarat di planet Mars pada 18 Februari 2021 di kawah Jezero selebar 45 kilometer yang dipilih sebagai lokasi pendaratan.

Ini karena para ilmuwan percaya lokasi itu pernah memiliki delta sungai.

Namun, asal usul batuan beku vulkanik yang ditemukan di Jezero masih menjadi misteri karena tidak ada fitur vulkanik yang jelas di dalam atau di dekat kawah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)