Susul Jejak Apolo, Ini Alasan Kuat NASA Jalankan Misi Artemis

Selasa, 30 Agustus 2022 - 19:01 WIB
loading...
Susul Jejak Apolo, Ini Alasan Kuat NASA Jalankan Misi Artemis
Artemis akan mempersiapkan umat manusia untuk perjalanan panjang ke Mars. Dan misi ini akan membantu membangun ekonomi bulan yang berkelanjutan. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Selama bertahun-tahun, NASA telah memulai misi luar angkasa yang disebut sebagai Artemis. Misi ini bertujuan untuk mengirim astronot ke Bulan dengan tujuan puncak mendaratkan wanita dan orang kulit hitam pertama di sana.

Seperti dilansir dari ZDNET, Selasa (30/8/2022), Artemis akan mempersiapkan umat manusia untuk perjalanan panjang ke Mars. Dan misi ini akan membantu membangun ekonomi bulan yang berkelanjutan.


Adapun NASA sendiri bekerja sama dengan mitra internasional dan komersial untuk mencapai misi Artemis.

Untuk diketahui, sejak tahun 1969 hingga 1972, program Apollo NASA telah membawa manusia ke Bulan. Artemis adalah saudara kembar Apollo dan dewi Bulan dalam mitologi Yunani dengan logo Artemis I menampilkan roket Space Launch System (SLS) yang membawa pesawat ruang angkasa Orion.

Bentuk segitiga mewakili tiga program utama yang terdiri dari Sistem Eksplorasi Luar Angkasa NASA, yakni Orion, SLS, dan Sistem Tanah Eksplorasi, dan merupakan bentuk klasik untuk lambang misi NASA yang berasal dari era pesawat ulang-alik.

Administrator NASA, Jim Bridenstine mengatakan bahwa ada banyak alasan untuk kembali melanjutkan misi ke Bulan. Dan dengan Artemis, manusia akan menjelajahi lebih banyak hal di Bulan daripada sebelumnya.

"Kami melakukan perjalanan 250.000 mil ke Bulan untuk mendemonstrasikan teknologi, kemampuan, dan pendekatan bisnis baru yang diperlukan untuk eksplorasi Mars di masa depan, yang jaraknya bisa sejauh 250 juta mil dari rumah," katanya.

Misi Artemis II akan mengirim empat astronot dalam penerbangan mengelilingi Bulan. Hanya dalam waktu 10 hari, mereka akan melakukan perjalanan 4.600 mil di luar sisi jauh Bulan. Penerbangan itu akan membawa para astronot lebih jauh ke tata surya daripada yang pernah dilakukan siapa pun sebelumnya.

Inti dari misi ini adalah untuk mengkonfirmasi lebih lanjut bahwa sistem pesawat ruang angkasa NASA siap membawa kru ke luar angkasa. Para kru akan dapat menguji sistem pendukung kehidupan pesawat ruang angkasa Orion, serta sistem komunikasi dan navigasinya.

Orion akan terbang sebentar di luar jangkauan satelit GPS dan Satelit Pelacakan dan Relay Data dari Jaringan Luar Angkasa NASA - ini berarti krunya akan bergantung pada Jaringan Luar Angkasa agensi untuk menavigasi dan berkomunikasi dengan kontrol misi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)