Penampakan Seperti Hantu Casper, Spesies Gurita Baru Ini Masih Misterius

Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:21 WIB
loading...
Penampakan Seperti Hantu Casper, Spesies Gurita Baru Ini Masih Misterius
Spesies gurita baru ini masih misterius sekaligus bikin bingung karena memiliki penampakan seperti hantu Casper. Foto/Unilad
A A A
CHICAGO - Spesies gurita baru yang ditemukan para ilmuwan zoologi dari Museum Chicago masih misterius sekaligus bikin bingung. Apalagi gurita spesies baru yang belum teridentifikasi ini memiliki penampakan seperti Hantu Casper dalam serial film kartun.

Penampakan gurita misterius seperti hantu Casper ini terekam robot laut saat ekspedisi NOAA Ocean Exploration pada kedalaman 2,6 mil di lepas pantau Hawaii. Para ilmuwan belum pernah menemukan moluska berkaki delapan yang pendek dengan seluruh tubuh berwarna putih.

Para ilmuwan yang bingung dengan penemuan ini menjuluki gurita spesies baru itu dengan nama Casper karena seluruh kulitnya berwarna putih pucat dan kepalanya yang bulat. “Setelah ditinjau lebih lanjut, gurita mirip hantu ini hampir pasti merupakan spesies yang belum terdeskripsikan dan mungkin bukan genusnya juga belum dideskripsikan,” keterangan NOAA dikutip SINDOnews dari laman Unilad, Rabu (31/8/2022).



Sampai saat ini, satu-satunya cephalopoda lain yang tertangkap kamera pada kedalaman ini adalah gurita Dumbo, yang juga diberi nama tokoh dari kartun. Apalagi moluska ini memiliki sirip seperti telinga yang memanjang dari atas kepalanya.

Adapun gurita Casper, menurut Janet Voight, kurator asosiasi zoologi invertebrata di Field Museum of Natural History di Chicago, merupakan spesies yang benar-benar baru dan berbeda. Pertama, kebanyakan cephalopoda coleoid termasuk gurita memiliki organ multiseluler yang dapat berubah warna dengan cepat dengan warna dan pola yang cerah untuk melindungi mereka dari mangsa.
Penampakan Seperti Hantu Casper, Spesies Gurita Baru Ini Masih Misterius


Sedangkan gurita Casper tampak begitu pucat dan tidak berwarna. Menurut Voight itu terjadi mungkin karena kurangnya pigmen dalam makanannya dan tidak adanya cahaya di kedalaman laut. Karakteristik lain yang membingungkan adalah lengannya pendek.



Sebelum teridentifikasi secara detail dan mendapat nama resmi, gurita hantu Casper akan tetap menjadi misteri besar seperti makhluk supernatural. “Terkait gurita ini, Anda harus benar-benar melihatnya secara jelas dari dekat,” ujar Voight.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2851 seconds (0.1#10.140)