Penampakan Langka, Ubur-Ubur Kotak Terekam di Pantai Papua Nugini

Rabu, 31 Agustus 2022 - 20:22 WIB
loading...
Penampakan Langka, Ubur-Ubur Kotak Terekam di Pantai Papua Nugini
Seorang penyelam di lepas pantai Papua Nugini merekam penampakan langka ubur-ubur kotak yang sangat indah. Foto/Petapixel
A A A
PORT MORESBY - Seorang penyelam di lepas pantai Papua Nugini merekam penampakan langka ubur-ubur kotak yang sangat indah. Rekaman penampakan ubur-ubur kotak yang spektakuler itu sangat langka , karena baru kedua kalinya spesies ini didokumentasikan.

Ubur-ubur cantik yang pertama kali terekam video, memiliki empat kelompok tentakel bergaris yang mengikuti di belakang tubuhnya yang tembus pandang. Terlihat cincin di sekitar inti merah terang, disebut Chirodectes maculatus.

Ini adalah spesies ubur-ubur kotak yang sangat langka dan jarang ditemukan. “Melihat ubur-ubur jenis baru saat menyelam hari ini. Ini memiliki tanda yang keren dan sedikit lebih besar dari bola sepak dan mereka berenang cukup cepat,” deskripsi di video itu dikutip SINDOnews dari laman Petapixel, Rabu (31/8/2022).

Baca juga; Ubur-Ubur Kotak Langka Bermotif Cincin Terlihat Kedua Kalinya di Papua

Sebagian besar ubur-ubur kotak dikenal berbisa bagi manusia, beberapa di antaranya bahkan sangat beracun, tetapi spesies khusus ini tidak diketahui apakah berbahaya. Spesies ini pertama kali diketahui pada tahun 2005 oleh tim ilmuwan Australia yang menangkap satu ekor pada tahun 1997 dan melestarikannya.

Meskipun telah terlihat sebelumnya dan bukan hal baru seperti yang dipikirkan pembuat video, spesies ini sangat langka bahkan belum pernah terlihat lebih dari dua kali ini. Penampakan ini dinilai luar biasa apalagi hasil rekamannya sangat berkualitas tinggi.

Rekaman ini membuat siapa pun mudah melihat ubur-ubur kotak spesies yang langka langsung di habitat aslinya. Bagi para ilmuwan menjadi objek yang menarik untuk mempelajari salah satu spesies yang langka ini.

Baca juga; Fenomena Langka, Penampakan Ubur-Ubur Hantu Raksasa di Teluk California

Dr Allen Collins, seorang ahli zoologi dan kurator Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian Institute, mengatakan bahwa video tersebut menunjukkan karakteristik yang mirip tetapi tidak identik dengan deskripsi ubur-ubur kotak sebelumnya. Misalnya, ubur-ubur kotak yang diketahui pada tahun 2005 memiliki bintik-bintik, sedangkan rekaman di sini berbentuk cincin.

“Saya kira selalu ada kemungkinan bahwa spesimen ini berasal dari spesies Chirodectes yang berkerabat dekat tetapi belum terdeskripsikan. Namun, saya akan condong bahwa itu spesies Chirodectes maculatus,” katanya.
Penampakan Langka, Ubur-Ubur Kotak Terekam di Pantai Papua Nugini


Sangat tidak biasa untuk menemukan rekaman makhluk langka ini. Bahkan Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), yang merupakan organisasi penelitian khusus, jarang menampilkan rekaman makhluk yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Mereka hanya menemukan specimen yang kecil, seperti ubur-ubur laut dalam yang terlihat pada bulan April. Satu-satunya penemuan terbaru yang sebanding oleh MBARI adalah ubur-ubur hantu raksasa yang terlihat Desember 2021, dan bahkan telah didokumentasikan sembilan kali sebelumnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3271 seconds (10.177#12.26)