SpaceX Sukses Uji Coba Mesin Booster Starship Super Heavy

Kamis, 01 September 2022 - 20:22 WIB
loading...
SpaceX Sukses Uji Coba Mesin Booster Starship Super Heavy
SpaceX melakukan uji statis multi-mesin dengan prototipe Booster 7 Starship Super Heavy di fasilitas Starbase di Texas Selatan pada 31 Agustus 2022. Foto/Rocket Ranch, TX/Space.com
A A A
TEXAS - SpaceX sukses melakukan uji coba menyalakan mesin secara statis pada booster Starship Super Heavy untuk pertama kalinya. Awal bulan ini, SpaceX sudah melakukan dua uji tembakan statis dengan Booster 7 pada peluncuran orbital di Starbase, Texas Selatan.

Kedua tes tersebut hanya melibatkan salah satu mesin Raptor kendaraan peluncur. Hari ini pada 31 Agustus 2022 waktu setempat, SpaceX menaikkan pengujian dengan menyalakan tiga mesin Raptor pada prototipe Super Heavy selama sekitar lima detik pada pukul 14:03 waktu setempat.

Tes 'statis api' ini adalah bagian dari persiapan yang sedang berlangsung untuk penerbangan uji orbital Starship yang pertama. SpaceX sedang bersiap untuk uji terbang orbital pertama Starship, kendaraan yang sepenuhnya dapat digunakan kembali yang terdiri dari booster besar yang disebut Super Heavy dan pesawat ruang angkasa Starship setinggi 50 meter.

Baca juga; SpaceX Luncurkan 53 Satelit Starlink ke Orbit

Kedua elemen itu akan ditenagai oleh mesin Raptor generasi berikutnya dari SpaceX, 33 di antaranya untuk Super Heavy dan enam untuk Starship. Persiapan yang sedang berlangsung termasuk tes "api statis" dari Booster 7 dan Kapal 24, dua prototipe yang akan melakukan uji terbang yang akan datang.

Laman NASASpaceflight menyiarkan langsung tes tersebut, dan dari rekamannya menunjukkan bahwa hanya dua mesin yang mungkin menyala penuh, sedangkan mesin yang ketiga mungkin dibatalkan. Terlepas dari apakah Raptor ketiga bergabung atau tidak, itu masih merupakan uji mesin statis Super Heavy multi-mesin pertama yang dilakukan SpaceX.

Peternakan Rocket Boca Chica juga menangkap citra pengujian yang dilakukan SpaceX hari ini. Prototipe kapal luar angkasa Kapal 24 telah melakukan tes seperti itu sebelumnya; itu menyalakan dua dari enam Raptornya selama uji mesin statis pada 9 Agustus 2022.

Baca juga; SpaceX Ciptakan Internet Satelit Starlink Berkecepatan Tinggi

Pengujian api statis kemungkinan akan terus meningkat, SpaceX menambahkan lebih banyak mesin ke dalam campuran. Banyak hal akan terus berkembang, tentunya menyaksikan Booster 7 menyalakan semua 33 Raptornya untuk pertama kalinya akan menjadi peristiwa yang cukup menarik.

Tidak ada jadwal pasti untuk semua pengujian ini, tetapi kita harus mengharapkan pergerakan cepat. SpaceX cenderung bergerak cepat, dan perusahaan tampaknya bertujuan untuk meluncurkan Booster 7 dan Ship 24 dalam beberapa bulan ke depan.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1596 seconds (10.177#12.26)