3 Ular Terpanjang di Indonesia yang Jarang Dijumpai Manusia

Jum'at, 02 September 2022 - 16:16 WIB
loading...
3 Ular Terpanjang di Indonesia yang Jarang Dijumpai Manusia
3 ular terpanjang di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ular terpanjang di Indonesia memang sangat dijumpai manusia, selain karena habitatnya yang semakin menyempit perburuan ular di Indonesia yang semakin menjamur.

Ular menjadi salah satu binatang yang mudah berkembang biak dimanapun mereka berada, mulai dari lingkungan pemukiman, dataran rendah, gurun, hutan, dan banyak tempat lainnya.


Namun ternyata banyak ular yang tidak dapat ditemui ditempat tempat umum, karena keberadaannya yang langka maupun ular yang sudah tidak ada, berikut adalah 3 ular terpanjang di Indonesia yang harus kalian ketahui :

1. Ular Kalimantan

Ular ini dilihat dari helicopter pada 11 Februari 2009 lalu. Ular Kalimantan ini berwarna hitam dan ukurannya hamper memnuhi sugai yang berada di tengah hutan itu.

Ketika foto ular Kalimantan ini beredar di internet, akhirnya menjadi perdebatan karena ukurannya jauh lebih besar dan lebih Panjang dari pada ular python yang ditemukan selama ini. Diperkirakan Panjang ular Kalimantan ini sepanjang 33 meter.

2. Ular Sanca Pantola
Ular Sanca Pantola ini ditemuka dihutan tropis, dan banyak juga ditemui di Indonesia, Papua Nugini, Australia maupun Filipina.

Panjang dari ular ini 8,2 meter atau sekitar 27 kaki, dan ciri ciri dari sanca pantola ini adalah berwarna coklat zaitun, dan sedikit berwarna kuning.

3. Ular Piton Gosong

Ular Piton ini disebut gosong karena kebakaran hutan. Adanya penemuan anaconda dalam keadaan gosong di tengah hutan, ular itu disebut Anaconda nya Indonesia.

Ular raksasa kepercayaan orang Kalimantan ternyata masih ada dan terlihat bentuk fisik dari ular Tangkalaluk ini, disebut Anaconda nya Indonesia karena bentuknya yang mirip dengan Anaconda dari Amazon.

Salah satu jenis spesies ular paling panjang di dunia adalah ular piton. Ular piton ini termasuk dalam famili Pythonidae yang memiliki ukuran yang berbeda dari ular pada umumnya. Panjang dari ular piton mulai dari 1,5 meter sampai 6,5 meter. Dan ular piton bisa memiliki berat badan sampai 75kg tergantung dimana habitatnya.

MG / Muhammad Bagas Hanafi
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)