Pecinta Reptil Ciptakan Kaki Robot untuk Ular agar Bisa Berlari

Jum'at, 02 September 2022 - 18:46 WIB
loading...
Pecinta Reptil Ciptakan Kaki Robot untuk Ular agar Bisa Berlari
Ingin ular berlari kencang, Kaki robot diciptakan. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Semua orang tahu bahwa ular merupakan hewan melata yang tidak memiliki kaki. Namun seorang pecinta reptil memiliki ide gila yakni menciptakan kaki robotik untuk ular agar mereka tak lagi berjalan merayap.



Ia adalah Allen Pan, yang mengklaim dirinya adalah orang yang paling cinta terhadap ular. Pasalnya ia telah memberikan solusi untuk ular agar bisa berjalan seperti hewan berkaki empat lainnya.

"Kami telah membangun kaki cyborg baru yang mengagumkan untuk hewan itu. Tidak ada yang cukup mencintai ular untuk membuat kaki robotnya. Tak seorang pun kecuali aku," kata Pan dikutip dari tayangan YouTube-nya, Jumat (2/9/2022).

Proyek Pan ini dimulai dengan mengamati gerakan kadal di toko hewan. Seperti diketahui, kadal merupakan kerabat terdekat ular, yang mana saat baru menetas hanya memiliki kaki yang sangat kecil.

Setelah berhasil menemukan gambaran, Pan lantas membuat kaki robotik yang terdiri dari empat buah kaki dengan kelir berwarna orange. Kaki robotik bahkan dilengkapi dengan keyless untuk kontrolnya.

Di antara kaki depan dan belakang, Pan memberikan tabung untuk badan si luar. Cara gerak kaki robotik ini sangat mirip dengan cara gerak seekor kadal, hanya saja gerakan masih sangat lambat untuk ular bisa berlari.

Dan sayangnya kaki ini digerakan oleh alat pengontrol, jadi ular hanya menumpangi saja. Ia tidak bisa mengendalikan sendiri kaki robotik yang dipasangkan. Ini sama saja mrnaruh kucing di atas sebuah papan skate.

Pan sendiri menyebut impiannya menghadirkan kaki untuk ular sudah ada sejak tahun 214 lalu. Kala itu ia berfikir bahwa ular ditakdirkan memiliki dua kaki belakang namun gagal berevolusi dan kaki tersebut justru berubah menjadi penis.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)