Apakah Ular Kobra Takut Garam? Berikut Penjelasan dari Ahlinya

Selasa, 06 September 2022 - 12:59 WIB
loading...
Apakah Ular Kobra Takut Garam? Berikut Penjelasan dari Ahlinya
Apakah Ular Kobra Takut Garam. FOTO/ AZ Animal
A A A
JAKARTA - Apakah Ular Kobra takut garam pertanyaan ini sering dipertayakan masyarakat Indonesia. Namun tak sedikit yang percaya garam sebagai bahan yang ditakuti ular.

Tak jarang, saat berkemah di alam bebas, orang akan menaburkan garam di sekeliling rumah atau tenda dengan tujuan agar ular tidak mendekat.

BACA JUGA - Cara Suku Dayak Membuktikan Keberadaan Ular Raksasa Nabau dan Tangkalaluk

Faktanya, cara tersebut bukan hal yang benar.

Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia Aji Rachmat Purwanto mengatakan Ular masuk dalam kategori reptil bukan moluska. Hewan yang satu ini sama sekali tidak takut dengan garam, jadi percuma saja apabila Anda menaburi garam di sekeliling rumah dalam upaya menangkal datangnya ular.

"Untuk mengurangi populasi ular kobra ini bisa dilakukan dengan teknik catch and relocationi, bukan dengan dibunuh," katanya ketika dihubungi SINDOnews.

Aji mengatakan, untuk mengurangi keberadaan anak ular kobra, warga diharapkan bisa bergotong royong membersihkan area yang tidak tertata dan jarang dijamah. Karena tumpukan material dan kebun tak terawat menjadi tempat nyman bagi ular untuk sembunyi.

"Rumah kosong di semprot dengan fogging nyamuk secara berkala agar satwa di dalam tidak betah dan berpindah," kata Aji.

Tips selanjutnya, kata Aji, pasang jaring besi di saluran irigasi akses keluar masuk. Pohon-pohon di atas pagar di bersihkan dari akses luar.

"Lubang di pagar kompleks ditutup. Pasang pest trap untuk jebakan tikus, tikus adalah mangsa utama ular sehingga jika tikus berkurang, ular akan bergeser. Putus rantai makanan ular di kawasan hunian," tambahnya.

Bagi yang memelihara burung, selalu cek akses dengan lingkungan karena burung juga makanan ular. Tidak perlu menebar garam, karena ular tidak takut garam.

Tidak perlu menggunakan tali ijuk karena ular tidak sakit jika lewat ijuk, tetap lolos Jika menemukan ular, hati-hati dalam menangani (snake handling) sebaiknya dilakukan oleh orang yang terlatih.

"Disarankan cukup foto atau amati gerakan ularnya kemana. Lalu kirim ke group snake handler atau Snake Rescue atau Pemadam Kebakaran agar dibantu evakuasi dengan mengirim tim. Pahami katakter dan tingkah laku ular dan juga pahami manfaat serta bahayanya agar kita nyaman bertetangga dengan ular," tutupnya.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1193 seconds (10.177#12.26)