Roket Ariane 5 Sukses Luncurkan Satelit Terbesar, Eutelsat Menjulang Setinggi 8,8 Meter

Kamis, 08 September 2022 - 20:51 WIB
loading...
Roket Ariane 5 Sukses Luncurkan Satelit Terbesar, Eutelsat Menjulang Setinggi 8,8 Meter
Roket Ariane 5 sukses meluncurkan satelit Eutelsat Konnect VHTS dari Pelabuhan Antariksa Eropa di Guyana Prancis, Rabu (7/9/2022) pukul 17:45 waktu setempat. Foto/Space.com
A A A
GUYANA - Roket Ariane 5 sukses meluncurkan satelit Eutelsat Konnect VHTS dari Pelabuhan Antariksa Eropa di Guyana Prancis , Rabu (7/9/2022) pukul 17:45 waktu setempat. Eutelsat Konnect VHTS adalah satelit terbesar yang pernah dibuat pabrikan kedirgantaraan Prancis-Italia Thales Alenia Space.

Eutelsat Konnect VHTS (Very High Throughput Satellite) merupakan satelit komunikasi yang memiliki berat 7 ton dan tingginya sekitar 8,8 meter. Kurang dari 29 menit setelah peluncuran, tahap atas Ariane 5 menyebarkan satelit ke orbit transfer geostasioner seperti yang direncanakan.

“Dengan kecepatan instan 500 Gbps [gigabit per detik], Eutelsat Konnect VHTS akan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi di seluruh Eropa, khususnya di daerah terpencil dengan jangkauan rendah,” keterangan Arianespace dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (8/9/2022).

Baca juga; Teleskop Terbesar dan Termahal, Roket Ariane 5 Sukses Luncurkan James Webb

Satelit Eutelsat dirancang untuk beroperasi setidaknya selama 15 tahun di orbit Bumi. Menawarkan layanan yang sebanding dengan jaringan serat optik dalam hal kinerja dan biaya, sehingga memberikan kontribusi signifikan untuk menjembatani kesenjangan digital.
Roket Ariane 5 Sukses Luncurkan Satelit Terbesar, Eutelsat Menjulang Setinggi 8,8 Meter


“Eutelsat Konnect VHTS juga akan menjawab kebutuhan konektivitas broadband jaringan telekomunikasi tetap dan bergerak, di darat, laut atau di udara,” tambah Arianespace. Peluncuran ini adalah yang kedua pada 2022 untuk roket Ariane 5 yang berukuran 50,5 meter.

Baca juga; Incar Teknologi Roket Ariane 6, Rusia Tempatkan Ilmuwan di Jerman Sebagai Spionase

Misi kali ini adalah salah satu dari peran yang diemban roket Ariane 5 yang memulai debutnya pada pertengahan 1990-an dan telah melakukan lebih dari 100 misi. Arianespace sedang mengembangkan roket berikutnya, Ariane 6, yang diharapkan terbang untuk pertama kalinya tahun depan.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1781 seconds (11.252#12.26)