NASA Atasi Kebocoran Bahan Bakar Hidrogen, Peluncuran Artemis 1 Dijadwalkan 23 September 2022

Sabtu, 10 September 2022 - 11:32 WIB
loading...
NASA Atasi Kebocoran Bahan Bakar Hidrogen, Peluncuran Artemis 1 Dijadwalkan 23 September 2022
Roket NASA Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion pada peluncur seluler di Launch Pad 39B, Kennedy Space Center di Florida. Foto/NASA
A A A
FLORIDA - NASA sedang memperbaiki dua kebocoran bahan bakar hidrogen pada megaroket Space Launch System (SLS) untuk upaya peluncuran selanjutnya. NASA menargetkan mencoba meluncurkan kembali misi Artemis 1 ke Bulan pada 23 September 2022.

Upaya peluncuran Artemis 1 yang akan datang masih bersifat tentatif untuk saat ini, menunggu proses perbaikan, pengujian, dan persetujuan lebih lanjut untuk jendela peluncuran berikutnya di Kennedy Space Center. Tetapi menurut Space, NASA harus melakukan banyak hal dalam beberapa hari ke depan bahkan untuk mencoba mengeluarkan Artemis 1.

Misi ke bulan Artemis 1 dibatalkan pada 3 September karena kebocoran bahan bakar hydrogen. Setelah beberapa hari melakukan perbaikan dan diagnostik, NASA mengatakan peluncuran Artemis 1 berikutnya paling cepat Jumat, 23 September atau beberapa hari setelahnya pada Selasa, 27 September.



Teknisi NASA membangun penutup pelindung di Launch Pad 39B, lokasi peluncuran Artemis 1 yang telah disiapkan sejak Agustus. Tempat darurat itu memberikan perlindungan untuk perangkat keras roket, dan tempat bagi para insinyur NASA untuk melakukan perbaikan di lokasi peluncuran.

Para insinyur memulai perbaikan dengan melepaskan pelat permukaan dan pelat sisi roket dari antarmuka tempat kebocoran ditemukan. Kebocoran yang mendasari peluncuran itu berasal dari salah satu pemutusan cepat Artemis 1. Secara khusus, antarmuka untuk saluran umpan bahan bakar hidrogen cair.
NASA Atasi Kebocoran Bahan Bakar Hidrogen, Peluncuran Artemis 1 Dijadwalkan 23 September 2022


Kebocoran lain yang lebih kecil terus mengganggu Artemis 1 sejak akhir Agustus, dan NASA sedang memperbaiki kedua kebocoran itu sebelum peluncuran berikutnya. Insinyur telah menjalankan tes pada antarmuka pemutus cepat dan saat ini mengganti dua segel.



“Satu di sekitar saluran 8 inci yang digunakan untuk mengisi dan mengalirkan hidrogen cair dari tahap inti. Dan yang lain di sekitar saluran pembuangan 4 inci yang digunakan untuk mengarahkan beberapa propelan selama operasi pengisian tangki,” demikian keterangan NASA dikutip SINDOnews dari laman Jalopnik, Sabtu (10/9/2022).

Kabar baiknya adalah bahwa kebocoran adalah hal utama yang harus diatasi, dan, tentu saja, uji sebelum peluncuran. NASA berencana menguji segel baru pada 17 September. Semua ini akan dilakukan di landasan peluncuran Artemis 1.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5029 seconds (0.1#10.140)