Warna Mata Terlangka di Dunia, Ada Merah, Silver, Hingga Ungu

Minggu, 11 September 2022 - 18:11 WIB
loading...
Warna Mata Terlangka di Dunia, Ada Merah, Silver, Hingga Ungu
Warna mata seseorang ditentukan oleh pigmen maupun genetik. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Warna mata manusia bisa sangat beragam. Ditentukan oleh pigmentasi iris serta faktor genetik seseorang. Memang, kebanyakan orang memiliki mata berwarna hitam atau cokelat. Tapi banyak juga yang memiliki warna unik. Berikut adalah jajaran mata terlangka di dunia:

Mata Heterochromia
Heterochromia merupakan keunikan yang dimiliki seseorang sejak lahir karena bola mata yang dimiliki berbeda warna dengan yang lainnya. Mereka memiliki warna bola mata berbeda dan kasus ini sangat langka.

Penyebabnya adalah perbedaan jumlah melanin pada iris mata sehingga menyebabkan bola mata cenderung memiliki warna yang tidak sama. Herochromia bukanlah salah satu jenis penyakit melainkan adanya hasil genetik.

Mata merah
Warna Mata Terlangka di Dunia, Ada Merah, Silver, Hingga Ungu

Warna merah pada bola mata yang biasa kita lihat hanya di film ternyata memang ada di dunia nyata. Tercatat ada sekitar 0,3 persen penduduk dunia memiliki warna bola mata merah karena mereka tidak memiliki melanin pada tubuhnya.

Mata spektrum
Warna Mata Terlangka di Dunia, Ada Merah, Silver, Hingga Ungu

Kita tentu masih asing dengan bola mata spektrum, yaitu kejadian langka pada warna bola mata yang memiliki campuran seperti biru abu-abu, biru hijau, bahkan biru amber. Warna unik ini bisa ditemukan terutama di sekitar pupil.

Mata spektrum dengan warna amber termasuk kategori yang terunik dan terlangka, hanya teraebar di Asia dan Amerika. Warnanya seperti tembaga dan berkilau keemasan. Warna mata aber biasa ditemukan pada burung, ikan, dan anjing.

Mata ungu
Warna Mata Terlangka di Dunia, Ada Merah, Silver, Hingga Ungu

Bola mata ungu dihasilkan karena adanya pembiasan cahaya dengan warna dasar biru yang akan mendasari perubahan warna dari mata ungu ini. Biasanya orang bermata ungu dikarenakan ada penyakit. Namun banyak orang yang memiliki bola mata ungu dengan kondisi normal. Jenis mata ini memiliki sensitifitas tinggi terhadap cahaya ultra violet.

Mata silver
Orang dengan bola mata silver sering dikira bermata biru. Memang, warna ini dapat berubah menjadi biru hijau tergantung warna baju yang dipakai serta pencahayaan di sekitar.



Mata silver sendiri diakibatkan oleh jumlah kolagen yang besar pada stroma. Orang dengan mata berwarna silver paling banyak ditemukan di Eropa Utara dan Timur. Warna mata ini terbilang langka, hanya sekitar 1% saja dari populasi dunia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5540 seconds (0.1#10.140)