Unik Banget, Inilah Hewan Hybrid Hasil Kawin Silang

Selasa, 13 September 2022 - 08:50 WIB
loading...
Unik Banget, Inilah Hewan Hybrid Hasil Kawin Silang
Hewan hybird hasil kawin silang bisa terjadi secara alami di alam ataupun lewat rekayasa manusia. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kawin silang antar spesies di dunia satwa sangat jarang terjadi karena sebagian besar dari mereka cenderung berinteraksi dengan jenisnya sendiri. Meski begitu, hewan hybrid atau hasil persilangan tetap ada, dan tentu berkat campur tangan manusia.

Mereka biasanya hidup di penangkaran yang memang digunakan untuk bahan penelitian. Lantas seperti apa hewan hybrid hasil kawin silang? Berikut adalah daftarnya seperti dilansir dari tayangan YouTube iNews Variety Show:

Wolphin
Unik Banget, Inilah Hewan Hybrid Hasil Kawin Silang

Wolphin atau Whale Dolphin adalah hewan hybrid hasil perkawinan silang antara paus pembunuh jantan dengan lumba-lumba hidung botol betina. Wolphin pertama kali ditemukan di Hawaii pada 1980-an dan diberi nama Kekaimalu.

Hewan mamalia ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Namun dia memiliki gigi yang lebih banyak dari lumba-lumba pada umumnya. Adapun warnanya adalah campuran dari warna hitam dan abu-abu.

Liger dan Tigon
Liger dan Tigon adalah hewan hybrid hasil persilangan dari Singa dan Harimau. Liger adalah hasil persilangan dari singa jantan dengan harimau berina, sementara Tigon adalah sebaliknya, yakni dari harimau jantan dengan singa betina.

Liger identik dengan tubuh lebih besar dari induknya hingga memiliki berat mencapai 400 kg. Liger juga dikenal suka berenang seperti harimau. Sedangkan Tigon cenderung memiliki tubuh kerdil karena mewarisi gen induk singa betina sehingga rata-rata beratnya hanya 200 kg.



Jaglion
Unik Banget, Inilah Hewan Hybrid Hasil Kawin Silang

Jaglion adalah persilangan antara jaguar jantan dengan singa betina yang termasuk dalam kelas pantera. Perkawinan silang ini dilakukan karena sebagian besar pantera jantan mandul sehingga peluang untuk bertahan hidup di alam liar sangat kecil.

Manusia kemudian ikut campur tangan untuk mengawinkan dua spesies satwa yang berbeda ini. Meskipun sangat asing di telinga, kawin silang jaguar dan singa menurut ilmuan sebenarnya juga terjadi secara alami di habitat mereka.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)