Menakutkan, Hiu Misterius dengan Senyum Mirip Manusia Muncul dari Laut Dalam

Jum'at, 23 September 2022 - 23:08 WIB
loading...
Menakutkan, Hiu Misterius dengan Senyum Mirip Manusia Muncul dari Laut Dalam
Penampakan hiu yang aneh dengan mata melotot dan senyum mirip manusia muncul dari kedalaman lepas pantai Australia. Foto/Live Science
A A A
SYDNEY - Penampakan hiu yang aneh dengan mata melotot dan senyum mirip manusia muncul dari kedalaman lepas pantai Australia. Para ahli tidak yakin hiu itu dari spesies mana sehingga menambah misteri bagi kehadiran spesies yang menyeramkan ini.

Hiu dengan senyum aneh tertangkap seorang pemancing dari laut dalam, sekitar 650 meter di lepas pantai New South Wales di Australia. Nelayan itu kemudian membagikan cuplikan spesimen laut dalam pada 12 September di Facebook.

Gambar tersebut menunjukkan kulit hiu yang kasar seperti amplas, moncong runcing besar, mata melotot besar, dan gigi putih seperti mutiara yang terbuka. Fitur hiu yang tidak biasa ini dengan cepat menarik perhatian pengguna Facebook lainnya.



Mereka berspekulasi tentang spesies hiu tersebut, dugaan paling umum adalah spesimen hiu pemotong kue (Isistius brasiliensis). Hiu itu dinamai demikian karena bekas gigitan khas yang ditinggalkannya pada hewan yang lebih besar.

Dugaan lain termasuk hiu goblin (Mitsukurina owstoni) atau spesies hiu lentera (Etmopteridae). Namun, nelayan yang menangkap ikan hiu aneh itu, Trapman Bermagui tidak setuju dengan berbagai komentar itu.

“Benar-benar bukan (hiu) pemotong kue. Ini adalah hiu kulit kasar, juga dikenal sebagai spesies dogfish," kata nelayan itu kepada Newsweek dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Jumat (23/9/2022).



Endeavour dogfish (Centrophorus moluccensis) adalah jenis hiu gulper, sekelompok hiu laut dalam yang ditemukan di seluruh dunia. Tetapi beberapa ahli hiu tidak yakin dengan identifikasi nelayan tersebut.

“Tampak bagi saya seperti hiu layang-layang laut dalam (Dalatias licha), yang dikenal di perairan lepas Australia,” kata Christopher Lowe, direktur Shark Lab di California State University, Long Beach. Namun, dia mengaku sulit untuk memastikan karena belum melihat seluruh specimen ikan itu.

Dean Grubbs, ahli biologi kelautan dan ahli hiu di Florida State University, memberikan kesimpulan berbeda. Grubbs menduga bahwa hiu yang mati adalah dogfish kulit kasar (Centroscymnus owstonii), sejenis hiu tidur dari keluarga yang sama dengan hiu Greenland (Somniosus microcephalus).



Ada kemungkinan juga bahwa hiu itu termasuk dalam spesies yang belum pernah terlihat sebelumnya. “Kami menemukan spesies baru hiu laut dalam setiap saat dan banyak yang terlihat sangat mirip satu sama lain,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)