Selain Bumi, Adakah Planet Lain yang Memiliki Oksigen? Ini Penjelasannya

Selasa, 27 September 2022 - 11:10 WIB
loading...
Selain Bumi, Adakah Planet Lain yang Memiliki Oksigen? Ini Penjelasannya
Hanya ada satu planet di mana gas oksigen ditemukan: Bumi! Satu-satunya alasan Bumi memiliki oksigen adalah karena Bumi memiliki tumbuhan yang melakukan fotosintesis. Foto/WorldAtlas
A A A
JAKARTA - Semua planet di tata surya memiliki atmosfer dengan komposisi gas yang berbeda-beda, beberapa memiliki atmosfer tipis sementara yang lain sangat padat. Semua bergantung pada komposisi planet dan gas sederhana yang membentuknya, seperti hidrogen dan helium.

Selain itu, perlu diketahui bahwa hanya ada satu metode untuk terjadinya pembentukan oksigen yang dikenal sebagai fotosintesis. Fotosintesis adalah proses tanaman membuat makanan dari air dan karbon dioksida sambil melepaskan oksigen sebagai produk sampingan.

“Di antara semua planet, hanya satu yang memiliki tanaman dan menghasilkan makanan melalui fotosintesis. Planet itu adalah Bumi. Dengan demikian, Bumi memiliki jumlah oksigen tertinggi di antara planet-planet,” tulis laman World Atlas dikutip SINDOnews Selasa (27/9/2022).

Baca juga; Astronom Memperkirakan Ada Miliaran Planet Mirip Bumi

Merkurius dan Mars juga memiliki jejak oksigen di atmosfer. Namun, jangan hanya karena planet-planet ini atau benda langit lainnya, memiliki jejak oksigen, langsung berpikir bahwa planet itu bisa dihuni manusia.

Menurut penelitian baru, produksi oksigen tidak selalu menunjukkan keberadaan organisme hidup di planet tersebut. Di exoplanet, planet yang mengorbit bintang di tata surya lain, reaksi kimia non-biologis ketika air berinteraksi dengan titanium oksida dapat melepaskan oksigen ke atmosfer.

Dengan kata lain, penemuan oksigen di planet lain itu bukan karena proses fotosintesis dan tidak melibatkan organisme hidup lain, seperti di Bumi. Fakta ini menjadi bukti planet ekstrasurya berkembang bukan dengan organisme hidup seperti yang ditemukan di Bumi.

“Meskipun oksigen masih merupakan salah satu sumber kehidupan (biomarker), namun perlu untuk mencari biomarker baru selain oksigen,” kata Norio Narita dari National Institutes of Natural Science Jepang.

Baca juga; Ilmuwan Temukan Cara baru Membuat Oksigen untuk Planet Mars
Selain Bumi, Adakah Planet Lain yang Memiliki Oksigen? Ini Penjelasannya


Jadi, hanya ada satu planet di mana gas oksigen ditemukan: Bumi! Satu-satunya alasan Bumi memiliki oksigen adalah karena Bumi memiliki tumbuhan yang melakukan fotosintesis. Tidak ada proses alami lain yang mampu memproduksi sejumlah besar oksigen ke atmosfer planet, selain fotosintesis.

Ada empat gas utama di atmosfer bumi dengan oksigen menjadi gas paling melimpah kedua setelah nitrogen. Komposisinya adalah sebagai berikut: nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0,93%), dan karbon dioksida (0,04%). Sisanya 0,03% terdiri dari jejak gas seperti neon, kripton, helium, dan hidrogen. Uap air juga ada.

Atmosfer bumi adalah satu-satunya di tata surya yang dapat menopang kehidupan. Selain oksigen yang digunakan oleh manusia dan hewan, dan karbon dioksida yang digunakan oleh tumbuhan, ada gas lain yang melindungi bumi dari sinar matahari yang berbahaya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1452 seconds (10.55#12.26)