Gletser Es di Swiss Meleleh Parah, Ilmuwan Pastikan Kondisi Bumi Genting

Jum'at, 30 September 2022 - 16:48 WIB
loading...
Gletser Es di Swiss Meleleh Parah, Ilmuwan Pastikan Kondisi Bumi Genting
Laporan hasil studi Komisi Cryospheric (CC) di Swiss Academy of Sciences mengungkapkan skala drastis pencairan gletser yang kini terlihat semakin parah. FOTO/ IST
A A A
MILAN - Ilmuwan pastikan kondisi Bumi sedang tidak baik-baik saja, sebuah laporan menyebut gletser di Swiss kehilangan enam persen dari total volumenya tahun ini mengalahkan rekor pencairan es sebelumnya.

Laporan hasil studi Komisi Cryospheric (CC) di Swiss Academy of Sciences mengungkapkan skala drastis pencairan gletser yang kini terlihat semakin parah.



"2022 adalah tahun bencana bagi gletser di Swiss. Semua rekor pencairan es telah dipecahkan," kata CC, menambahkan bahwa pencairan dua persen dalam 12 bulan sebelumnya dianggap 'ekstrem'.

''Sebanyak 3 kilometer kubik es atau 3 triliun liter air telah mencair, dan kondisi ini sangat berbahaya bagi Bumi" menurut laporan itu seperti dilansir dari AFP, Jumat (30/9/2022).

Menurut Kepala Pemantauan Gletser di Swiss, Profesor Matthias Huss, tidak mungkin memperlambat laju pencairan dalam waktu dekat.

"Jika emisi gas karbon dioksida dikurangi dan iklim dapat dilindungi, mungkin akan mungkin untuk menghemat sekitar sepertiga dari volume gletser di Swiss dalam kondisi terbaik. Jika tidak, negara ini akan kehilangan hampir semua (gletser) pada akhir abad ini," katanya, mendokumentasikan perubahan gletser di Pegunungan Alpen dan dikoordinasikan oleh CC.

Pada awal tahun, lapisan salju di Pegunungan Alpen relatif tipis sebelum sejumlah besar debu berhembus dari Gurun Sahara antara Maret dan Mei lalu, yang mengendap di permukaan.

Salju yang terkontaminasi kemudian menyerap lebih banyak panas dan meleleh lebih cepat, menghilangkan gletser salju yang melindunginya di awal musim panas di Eropa.

Panas terus menerus antara Mei dan September semakin menghancurkan es gletser.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)