China Selesaikan Konstruksi di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Modul Lab Kedua Segera Diluncurkan

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:35 WIB
loading...
China Selesaikan Konstruksi di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Modul Lab Kedua Segera Diluncurkan
Astronot China berhasil menyelesaikan fase terbaru pekerjaan konstruksi di stasiun luar angkasa Tiangong dengan memindahkan salah satu modul laboratoriumnya ke posisi akhir. Foto/SCMP
A A A
BEIJING - Astronot China berhasil menyelesaikan fase terbaru pekerjaan konstruksi di stasiun luar angkasa Tiangong dengan memindahkan salah satu modul laboratoriumnya ke posisi akhir. Modul lab Wentian pertama kali dipisahkan dari modul inti port depan Tianhe dan perlahan-lahan dimasukkan ke port samping menggunakan lengan robot stasiun ruang angkasa.

Setelah pekerjaan untuk memindahkan salah satu dari dua modul laboratorium stasiun ke posisi akhir diselesaikan, modul lab kedua diharapkan akan diluncurkan akhir bulan ini. Tahap konstruksi berikutnya adalah peluncuran modul lab Mengtian akhir bulan ini.

Modul ini pada akhirnya akan ditempatkan di sisi lain pelabuhan untuk membentuk stasiun luar angkasa berbentuk T. Badan Antariksa Berawak China (CMSA) mengatakan bahwa tiga astronot di atas Tiangong dan para insinyur di pusat komando darat bekerja sama untuk melakukan pengerjaan selama satu jam.

Baca juga; China Kirim 3 Astronot untuk Bangun Stasiun Luar Angkasa

Wei Zhi, seorang insinyur dari Akademi Teknologi Luar Angkasa Shanghai, mengatakan kepada The Beijing News bahwa lebih aman untuk memasang modul di bagian depan terlebih dahulu dan memindahkannya ke samping kemudian. “Langkah ini untuk mengurangi risiko modul yang berat ini membuat stasiun ruang angkasa jadi tidak seimbang dan bergerak di luar kendali,” katanya kepada South China Morning Post (SCMP), Sabtu (1/10/2022).
China Selesaikan Konstruksi di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Modul Lab Kedua Segera Diluncurkan


Modul lab Mengtian dan roket Long March yang akan membawanya ke luar angkasa sudah ditempatkan di Situs Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di pulau selatan Hainan. Sebuah sumber yang mengetahui pekerjaan CMSA mengatakan peluncuran dijadwalkan pada akhir bulan karena semua pekerjaan perakitan dan pengujian berjalan "sangat lancar".

Setelah peluncuran dan pemasangan modul Mengtian, kedua modul lab ruang angkasa akan menyediakan lingkungan bertekanan bagi astronot dan peneliti. Jadi para kru dapat melakukan eksperimen jatuh bebas atau gravitasi nol yang sangat sulit atau tidak mungkin dilakukan di Bumi.

Baca juga; Rampungkan Pembangunan Stasiun Luar Angkasa Tiangong, China Siapkan 6 Misi Lagi

Mereka juga akan memungkinkan eksperimen dilakukan di luar modul untuk melihat efek paparan angin kosmik dan sinar matahari. Pengujian ini dilakukan pada bahan yang akan digunakan dalam kondisi kerja yang ekstrem.

Pada 1 September, dua astronot yang ditempatkan di stasiun luar angkasa, komandan misi Chen Dong dan anggota kru Liu Yang, melakukan perjalanan luar angkasa selama enam jam. Misi mereka untuk mempersiapkan modul Wentian untuk operasi dan mengatur prosedur darurat.
China Selesaikan Konstruksi di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Modul Lab Kedua Segera Diluncurkan


Ini adalah pertama kalinya awak ruang angkasa menggunakan kabin airlock di modul lab Wentian untuk meninggalkan stasiun luar angkasa. Pasangan dan rekan satu tim mereka Cai Xuzhe tiba di stasiun luar angkasa pada awal Juni dan akan menghabiskan enam bulan di luar angkasa. Baca juga; Rusia Jajaki Perpanjang Kerja Sama di ISS Sampai 2028, Kru Soyuz MS-22 Bawa 49 Percobaan Ilmiah

Mereka akan bergabung dengan tiga astronot lagi ketika misi Shenzhou 15 diluncurkan akhir tahun ini . Itu adalah pertama kalinya enam anggota awak ditempatkan di kapal pada waktu yang sama.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2329 seconds (11.210#12.26)