Picu Kepanikan hingga Berakibat Ratusan Aremania Tewas, Ini Cara Atasi Gas Air Mata

Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:02 WIB
loading...
Picu Kepanikan hingga Berakibat Ratusan Aremania Tewas, Ini Cara Atasi Gas Air Mata
Suporter Arema FC memasuki lapangan setelah tim yang didukungnya kalah dari Persebaya dalam pertandingan sepak bola BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
A A A
MALANG - Gas air mata yang digunakan aparat keamanan dalam hal ini Polisi ketika menghalau suporter Arema di Stadion Kanjuruhan saat laga Arema dan Persebaya Sabtu (1/10/2022) menuai sorotan. Pasalnya gas air mata yang memicu ratusan suporter tewas mengenaskan.

Di saat situasi tersebut, pasta gigi dipercaya sebagai alat penangkal paparan gas air mata.


Saat menghadapi g as air mata biasanya pasta gigi digunakan dengan mengoleskannya di bawah mata. Hal ini diyakini dapat mencegah dan mengurangi rasa perih akibat gas air mata.

Meski begitu, sudah sering kali para dokter mata menjelaskan bahwa upaya tersebut hanys mitos. Pasta gigi tidak bisa menghalau gas air mata menimbulkan iritasi, tapi bisa digunakan untuk mendinginkan kelopak mata.

Bahkan, dilansir dari berbagai sumber, pasta gigi bisa sangat berbahaya jika masuk ke mata. Sebab, gas air mata bekerja karena terhirup, bukan terjadi kontak langsung dengan mata.

Untuk mengurangi efek paparan gas air mata bisa dengan menyiramkan air bersih ke mata dan wajah. Jika sakit berlanjut dan semakin parah, harus segera diperiksakan ke medis.

Namun, agar lebih aman dari paparan gas air mata , lebih baik menggunakan masker pelindung yang memang diperuntukan menghindari paparan zat kimia serupa.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)