SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke ISS, Termasuk Seorang Kosmonot Rusia

Kamis, 06 Oktober 2022 - 16:50 WIB
loading...
SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke ISS, Termasuk Seorang Kosmonot Rusia
Roket SpaceX Falcon 9 dengan Crew Dragon Endurance dan empat astronot meluncurkan misi astronot Crew-5 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk NASA dari Pad 39A Kennedy Space Center di Florida pada 5 Oktober 2022. Foto/NASA/Space
A A A
FLORIDA - SpaceX meluncurkan 4 astronot yang disebut Crew-5 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menggunakan roket Falcon 9 . Peluncuran 5 astronot yang berada dalam kapsul Dragon dari Launch Pad 39A di Kennedy Space Center NASA, pada 5 Oktober 2022.

Empat astronot yang diluncurkan ke ISS adalah Nicole Mann dan Josh Cassada dari NASA, astronot Jepang Koichi Wakata dan kosmonot Rusia Anna Kikina. Nicole Mann menjadi wanita asli Amerika pertama yang mencapai perbatasan terakhir dan Kikina orang Rusia pertama yang terbang dengan pesawat ruang angkasa pribadi Amerika.

“Saya sangat bangga mewakili penduduk asli Amerika dan warisan saya. Kami semua berasal dari latar belakang yang sangat unik dan berbeda. sungguh menyenangkan melihat semua orang berkumpul Bersama,” kata Mann dalam konferensi pers pada 1 Oktober dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (6/10/2022).

Baca juga; Roket Soyuz 2.1a Rusia Diluncurkan 21 September, NASA Dampingi Astronot ke Baikonur

Pada kesempatan yang sama, Kikina berterima kasih kepada NASA, SpaceX, dan pejabat luar angkasa Rusia, termasuk semua orang yang berperan dalam peluncuran misi Crew-5. “Kami akan melakukan pekerjaan kami dengan cara terbaik: bahagia!” ujar Kikina.

Peluncuran ditandai gemuruh sembilan mesin Merlin yang menggerakkan tahap pertama Falcon 9 menderu hidup, dan mengangkat roket setinggi 70 meter dari landasan. Dua menit 40 detik terbang, mesin-mesin itu mati, dan tahap atas Falcon 9 terpisah dari booster tahap pertama.
SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke ISS, Termasuk Seorang Kosmonot Rusia


Dua belas menit setelah lepas landas, Endurance berpisah dari panggung atas seperti yang direncanakan, memulai pengejaran solo yang panjang di ISS. Tahap pertama Falcon 9 setelah berpisah dari tahap atas mendarat di sebuah pesawat tak berawak SpaceX di Samudra Atlantik di lepas Pantai Florida.

Baca juga; Astronot NASA Kembali ke Bumi dengan Pesawat Soyuz dan Kosmonot Rusia

Itu adalah pendaratan pertama untuk booster khusus ini, yang melakukan debut luar angkasa hari ini. Penggunaan kembali roket tahap pertama tersebut memungkinkan SpaceX untuk meningkatkan efisiensinya dan mencapai irama peluncuran yang luar biasa.

Peluncuran Crew-5 adalah peluncuran orbit ke-44 pada tahun 2022 yang dilakukan perusahaan Elon Musk dan SpaceX masih memiliki dua peluncuran lagi dalam waktu singkat. SpaceX berencana untuk meluncurkan sejumlah besar satelit internet Starlink dari Vandenberg Space Force Base di California dan dua satelit komunikasi komersial dari Cape Canaveral Space Force Station Florida pada Kamis 6 Oktober.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1444 seconds (10.177#12.26)