Arkeolog China Temukan 2 Mural Batu Kuno Terbesar dari Dinasti Song

Selasa, 11 Oktober 2022 - 14:41 WIB
loading...
Arkeolog China Temukan 2 Mural Batu Kuno Terbesar dari Dinasti Song
Arkeolog Chinba menemukan dua mural batu kuno besar dari Dinasti Song Utara (960-1127) di Provinsi Henan, China tengah. Foto/Arkeonews
A A A
BEIJING - Arkeolog China menemukan dua mural batu kuno besar dari Dinasti Song Utara (960-1127) di Provinsi Henan, China tengah. Penemuan ini merupakan yang terbesar dari jenisnya yang pernah ditemukan di China.

Mural ditemukan di situs peninggalan Zhouqiao, Kota Kaifeng, didistribusikan secara simetris di sepanjang tepi utara dan selatan sisi timur Jembatan Zhouqiao. Mural tersebut memiliki tinggi 3,3 meter, dan terungkap bahwa mural tepi selatan yang digali memiliki panjang 23,2 meter, sedangkan bagian utara adalah 21,2 meter.

Mural batu diukir dengan pola keberuntungan dari budaya tradisional Tiongkok seperti kuda laut, bangau terbang, dan awan. “Ini adalah penemuan penting yang memperkaya dan menulis ulang sejarah seni Dinasti Song,” kata Zhou Runshan, kepala proyek penggalian dikutip SINDOnews dari Arekeonews, Selasa (11/10/2022).



Dinasti Song Tiongkok (960-1279) mengalami kemajuan ilmiah yang luar biasa, perkembangan seni, dan peningkatan popularitas serikat dagang, mata uang kertas, pendidikan publik, dan kesejahteraan sosial. Era dinasti Song, bersama dengan pendahulunya, dinasti Tang (618-906), dianggap sebagai zaman budaya yang menentukan dalam sejarah kekaisaran Tiongkok.

“Dalam hal skala, subjek, dan gaya, mural batu dapat mewakili standar tertinggi dari sistem pengerjaan batu dan teknik ukiran tingkat tertinggi selama Dinasti Song Utara,” kata Zheng Yan, seorang profesor di Sekolah Seni Universitas Peking.

Seniman Dinasti Song bereksperimen dengan tema dan metode baru dalam keramik dan lukisan. Secara paradoks, ketertarikan Song pada sains dan pengamatan dunia yang cermat menghasilkan lukisan lanskap megah berskala besar yang dengan cermat menjelajahi dunia.
Arkeolog China Temukan 2 Mural Batu Kuno Terbesar dari Dinasti Song


Teknik porselen dan glasir baru keduanya berkembang. Tampaknya mereka juga cukup bagus dalam teknik pemrosesan batu. Diperkirakan panjang total mural batu diperkirakan mencapai sekitar 100 meter dan total area ukiran akan mencapai sekitar 400 meter persegi setelah penggalian mural selesai di sisi timur dan barat jembatan.



Jembatan Zhouqiao dibangun antara tahun 780 dan 783 pada masa Dinasti Tang (618-907) melintasi Grand Canal, jalur air yang luas yang menghubungkan bagian utara dan selatan China. Itu merupakan struktur tengara di poros tengah Kota Kaifeng dan terkubur pada tahun 1642 oleh lumpur dan pasir karena banjir Sungai Kuning.

Penggalian arkeologi situs Zhouqiao diluncurkan pada 2018. Sejauh ini, total 4.400 meter persegi situs telah digali, dan 117 situs sisa dan reruntuhan telah ditemukan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3391 seconds (0.1#10.140)