Helikopter Mil Mi-8 Ujung Tombak Rusia dalam Perang Elektronik di Ukraina

Rabu, 12 Oktober 2022 - 06:59 WIB
loading...
Helikopter Mil Mi-8 Ujung Tombak Rusia dalam Perang Elektronik di Ukraina
Rusia mengoperasi helikopter khusus untuk perang elektronik di Ukraina yang dikenal dengan helikopter Mi-8MTPR-1. Foto/Wikimedia Commons/The War Zone
A A A
MOSKOW - Rusia mengoperasi helikopter khusus untuk perang elektronik di Ukraina yang dikenal dengan helikopter Mi-8MTPR-1. Helikopter ini dimodifikasi dari helikopter Mil Mi-8 Hip dan dilengkapi sejumlah peralatan elektronik canggih.

Penggunaan helikopter perang elektronik (EW) Mi-8MTPR-1 di Ukraina dikonfirmasi oleh citra yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Dalam satu rekaman, seorang prajurit (mungkin pilot) berdiri di samping helikopter menjelaskan bahwa sistem Rychag digunakan untuk menekan kemampuan pertahanan udara musuh.

Dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Rabu (12/10/2022), Mil Mi-8MTPR-1 merupakan jenis helikopter khusus sebagai ujung tombak perang elektronik Angkatan Dirgantara Rusia di Ukraina. Awak helikopter terdiri dari dua pilot dan teknisi penerbangan, ciri khas helikopter Mi-8 yang bisa digunakan sebagai pos komando udara dan platform pengintaian.



Helikopter militer Rusia yang jarang terlihat karena memainkan peran rahasia dan berpotensi sangat berharga dalam perang Kremlin di Ukraina. Helikopter ini berkeliaran jauh di dalam wilayah yang dikuasai Rusia untuk menghindari ditembak jatuh dan terbang di ketinggian lebih dari 10.000 kaki.

Helikopter Mi-8MTPR-1 EW adalah modifikasi dari helikopter angkut tempur standar Mi-8MTV-5-1 yang diproduksi oleh pabrik Helikopter Kazan. Untuk pabrikan, pesawat memiliki penunjukan internal Mi-8MTV-5PR, di mana PR adalah singkatan dari Pomekhovyi, Rychag, yaitu helikopter jamming dengan sistem Rychag.

Sistem EW Rychag-AV (Aviatsyonnyi Vertolotnyi, lintas udara untuk helikopter; Rychag-AVE versi ekspor) mampu mengganggu sistem radar kendali tembakan sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) musuh. Dengan cara ini, helikoper Mi-8MTPR-1 EW memberikan perlindungan bagi sekelompok pesawat serang, helikopter, atau drone milik pasukan Rusia.


Helikopter Mil Mi-8 Ujung Tombak Rusia dalam Perang Elektronik di Ukraina


Sistem ini juga dapat mengganggu radar pesawat musuh, sehingga menawarkan perlindungan udara tetapi juga membantu pertahanan pasukan darat yang mungkin akan diserang dari udara dalam beberapa skenario.

Sistem Rychag-AV dengan jammer L187A-nya dirancang dan dikembangkan oleh Kaluga Research Institute of Radio Engineering, atau KNIRTI. Perangkat ini diproduksi dan dipasang pada helikopter oleh Kazan Optical and Mechanical Plant (KOMZ), bagian dari Radio-Electronic Kepedulian Teknologi (KRET).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3816 seconds (0.1#10.140)