PBB Sebut Banyak Wilayah yang Tak Bisa Dihuni Akibat Panas Ekstrem

Kamis, 13 Oktober 2022 - 06:59 WIB
loading...
PBB Sebut Banyak Wilayah yang Tak Bisa Dihuni Akibat Panas Ekstrem
Cuaca ektrem akan membuat banyak wilayah tak bisa ditinggali. FOTO/ IST
A A A
GENEWA - Gelombang panas yang lebih ekstrem akan melanda wilayah-wilayah tertentu di dunia dalam beberapa dekade mendatang, sehingga banyak wilayah yang tidak dapat lagi berpenghuni.



Hal itu dibenarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Palang Merah dalam laporan yang dirilis kemarin.

Menurut organisasi tersebut, gelombang panas diperkirakan 'melebihi batas fisiologis dan sosial manusia' di wilayah Sahel, Afrika dan sebagian Asia selatan dan barat daya,

Faktanya, organisasi tersebut memperingatkan bahwa efek dari peristiwa ekstrem seperti itu akan menyebabkan 'penderitaan besar dan hilangnya nyawa' serta pergerakan dan ketidaksetaraan populasi.

Menurut laporan itu, gelombang panas yang melanda negara-negara seperti Somalia dan Pakistan tahun ini menandakan masa depan yang mengerikan, dengan bantuan kemanusiaan yang lebih sering dan intens terkait dengan cuaca panas.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) dan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) mengeluarkan laporan menjelang KTT Perubahan Iklim PBB (COP27) yang akan diadakan di Mesir bulan depan.

"Kami tidak ingin membesar-besarkan masalah ini tetapi data jelas menunjukkan bahwa itu menuju masa depan yang suram," kata Sekretaris Jenderal IFRC Jagan Chapagain.

Menurut laporan itu, tindakan agresif perlu segera diambil untuk mencegah potensi bencana panas berulang, daftar langkah-langkah yang dapat mengurangi efek terburuk dari fenomena panas ekstrem.

"Ada batas yang jelas di mana orang terkena panas yang ekstrem sampai mereka tidak dapat bertahan hidup,''

"Mungkin juga akan ada tingkat panas terik di mana masyarakat akan merasa hampir tidak mungkin untuk memberikan adaptasi yang efektif untuk semua," jelas laporan itu.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2341 seconds (0.1#10.140)