Terjawab, UFO Tidak Pantau Perang Rusia dan Ukraina dari Atas Langit

Minggu, 16 Oktober 2022 - 12:08 WIB
loading...
Terjawab, UFO Tidak Pantau Perang Rusia dan Ukraina dari Atas Langit
Pada September 2022, MAO Ukraina mengatakan ada fenomena objek angkasa yang tidak biasa di langit Kyiv, Ukraina. Foto/Ilustrasi-Science News
A A A
JAKARTA - Desas-desus UFO memantau perang Rusia dan Ukraina dari atas langit akhirnya terjawab. Badan Nasional Sains Ukraina menyatakan adanya kesalahan dalam informasi itu.

Diketahui pada September 2022, sekelompok ilmuwan Ukraina dari Main Astronomy Observatory (MAO) menyebutkan terdapat fenonema angkasa yang tidak dikenal atau Unidentified Aerial Phenomena (UAP) terjadi di langit Kyiv pada September 2022 lalu. Saat itu terdapat sejumlah objek besar yang tidak di jelas di langit.

Kecurigaan hadirnya UFO makin tinggi karena objek tersebut terlihat hitam. Istimewanya objek hitam itu mampu menembus atmosfer dengan kecepatan sangat tinggi yakni 53.000 kilometer per jam. Kecepatan itu lebih cepat dua kali dari rudal balistik antarbenua.

Sayangnya, para ilmuwan di MAO sama sekali tidak mendeskripsikan lebih lanjut detail UAP atau yang sebagian lain mengenalnya sebagai Unidentified Flying Object (UFO). Para ilmuwan Ukraina itu tidak mencoba mencari tahu apakah kehadiran fenomena yang tidak biasa di langit Kyiv saat itu tidak bukan adalah satelit, drone, atau artileri yang digunakan Rusia dalam menginvasi Ukraina.



Terjawab, UFO Tidak Pantau Perang Rusia dan Ukraina dari Atas Langit


Hanya saja informasi UAP atau UFO yang diberikan MAO justru membuat banyak orang heboh. Banyak warga Ukraina merasa bahwa UAP atau UFO juga mengamati aksi Rusia dalam menginvasi Ukraina. Di sisi lain banyak orang yang merasa bahwa UAP atau UFO itu hanya fenomena alam biasa.

Simpang siur informasi itu akhirnya selesai setelah National Academy of Sciences of Ukraine (NASU) mengeluarkan pernyataan resmi. Setelah investigasi yang mendalam, NASU mengatakan MAO teledor dalam memberikan informasi UAP atau UFO di langit Ukraina itu.

NASU bahkan mengatakan adanya ketidakprofesional dan langkah ilmiah yang kurang teliti saat informasi itu diberikan. "Terdapat pemrosesan dan interpretasi tingkat ilmiah yang tidak sesuai serta kesalahan signifikan dalam menentukan jarak ke objek yang diamati mengenai pemberitaan itu," tulis panel ilmuwan NASU dalam sebuah pernyataan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4556 seconds (0.1#10.140)